Jumat, 01 Juli 2011

EKONOMI FILIPHINA


Ekonomi Filipina
Filipina ialah sebuah negara membangun di Asia Tenggara, serta salah satu negara perindustrian yang baru di dunia. Pada tahun 2004, negara ini ditempatkan sebagaiekonomi ke-24 terbesar di dunia oleh Bank Dunia, berasaskan pariti kuasa belinya.
Sektor-sektor ekonomi Filipina yang penting termasuk pertanian dan industri, khususnya pemprosesan makanan, tekstil dan pakaian, serta elektronik dan barang ganti kereta. Kebanyakan industrinya tertumpu di kawasan-kawasan bandar di sekitar metropolitan Manila. penambangan juga mempunyai potensi yang besar di Filipina yang memiliki simpanan-simpan kromit, nikel, dan tembaga yang kaya. Gas asli yang baru-baru ini ditemukan berhampiran pulau Palawan juga merupakan suatu tambahan kepada simpanan-simpanan tenaga geoterma, hidro, dan batu arangnya yang besar.



Bottom of Form

Sejarah

Sejak keakhiran Perang Dunia II, ekonomi Filipina mengalami sebuah sejarah pertumbuhan dan perkembangan yang bercampur-campur. Pada sepanjang tempoh itu, Filipina berubah daripada merupakan salah sebuah negara yang terkaya di Asia (selepasJepun) menjadi salah sebuah negara yang termiskin. Pertumbuhan sebaik sahaja selepas perang amat pesat, tetapi kemudian menjadi lambat dengan berlalunya masa. Suatu kemelesetan pada tahun 1984-85 memperlihatkan ekonomi mengecut melebihi 10% dan tanggapan-tanggapan ketakstabilan politik semasa pentadbiran Aquino memudarkan lagi kegiatan ekonomi. Semasa pentadbirannya, Presiden Fidel V. Ramosmemperkenalkan berbagai-bagai pembaharuan dan inisiatif ekonomi yang direka bentuk semata-mata untuk mendorong pertumbuhan perniagaan dan pelaburan asing. Oleh itu, Filipina memperlihatkan suatu tempoh pertumbuhan terjamin yang pesat, akan tetapiKrisis Kewangan Asia yang tercetus pada tahun 1997 melembapkan pembangunan ekonomi sekali lagi di Filipina. Pada tahun 1998, ekonomi Filipina merosot, akibat kesan Krisis Kewangan Asia serta keadaan-keadaan cuaca yang buruk. Pertumbuhan jatuh sehingga -0.5% pada tahun 1998 daripada 5% pada tahun 1997, tetapi berpulih kepada 2.9% menjelang tahun 1999. Presiden Joseph Estrada mencuba menentang langkah-langkah yang bersifat perlindungan, dengan usaha-usaha untuk meneruskan pembaharuan-pembaharuan yang dimulakan oleh pentadbiran Ramos mencapai kemajuan yang ketara. Suatu kegagalan bank yang utama pada April 2000 serta pendakwaan dan peninggalan Presiden Estrada yang kemudian pada permulaan tahun 2001 mengakibatkan pertumbuhan yang lebih perlahan. Pentadbiran Filipina terkini di bawah Presiden Gloria Macapagal-Arroyo sedang mengajukan pertumbuhan ekonomi yang lebih pesat. Pada tahun 2004, ekonomi Filipina bertumbuh sebanyak 6.1% dan mengatasi kebanyakan anggaran para penganalisis serta juga anggaran kerajaan. Pada tahun 2005, peso Filipina mencapai kadar kenaikan nilai sebanyak 6%, suatu kenaikan yang paling cepat di wilayah Asia pada tahun tersebut. Bagaimanapun, kedatangan harga-harga minyak yang tinggi memudarkan anggaran-anggaran pertumbuhan kerajaan pada tahun yang sama dan tahun 2005 berakhir dengan pertumbuhan ekonomi sebanyak hanya 5.1%. Semasa tahun 2006, ekonomi Filipina mencapai pertumbuhan 5.4% selepas dipudarkan oleh dua buah taufan yang mengakibatkan kemusnahan teruk pada sektor pertanian. Kerajaan Filipina merancang untuk memperkukuh infrasktrutur negara dengan kenaikan perbelanjaan sebanyak sepuluh kali pada tahun 2007, dan menyasarkan pertumbuhan ekonomi tercepat sebanyak 7% pada tahun 2007, 8% pada tahun 2008, dan 9% pada tahun 2009.
Sejak Februari 2007, pasaran saham Filipina kini berhampiran peringkat yang tertinggi, dan mata wang peso telah naik nilainya sehingga 48.07 bagi setiap dolar Amerika Syarikat.
Walaupun terdapat harapan ekonomi yang positif, kerajaan Filipina masih menghadapi berbagai-bagai cabaran dalam banyak bidang, termasuk agihan kekayaan yang tidak serata, serta kemiskinan yang masih tinggi. Amalan rasuah masih merupakan suatu masalah besar dan ketakstabilan politik masih merupakan suatu kenyataan.


EKONOMI PERENCANAAN DAN KEBIJAKAN
Filipina secara tradisional memiliki ekonomi perusahaan swasta baik dalam kebijakan dan dalam praktek. Filipina Secara tradisional memiliki anak pajak tangguhan Ekonomi Swasta sangat Baik,  kebijakan dan praktek kesawan. Pemerintah turun tangan terutama melalui kebijakan fiskal dan moneter dan dalam pelaksanaan wewenang pengaturan. Pemerintah turun Tangan terutama kebijakan moneter dan fiskal kesawan dan pengaturan pelaksanaan wewenang. Walaupun perluasan perusahaan-perusahaan sektor publik terjadi selama kepresidenan Marcos, negara partisipasi langsung dalam kegiatan ekonomi secara umum telah terbatas. Walaupun perluasan Anak-anak pajak tangguhan disektor Publik terjadi selama kepresidenan Marcos, Negara kesawan Langsung Partisipasi kegiatan Ekonomi Secara Umum Terbatas telah. Pemerintah Aquino menetapkan inisiatif kebijakan utama dari konsolidasi dan swastanisasi perusahaan milik pemerintah dan pemerintah-dikendalikan. Aquino Pemerintah menetapkan inisiatif kebijakan Utama Dari subsidiaries   dan swastanisasi anak pajak tangguhan milikini pemerintah-pemerintah dan dikendalikan. Perencanaan ekonomi terbatas terutama untuk menetapkan target pertumbuhan ekonomi dan tujuan ekonomi makro lainnya, terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan proyek, dan menasihati pemerintah dalam penggunaan dana modal untuk proyek-proyek pembangunan. Perencanaan Ekonomi Terbatas terutama untuk menetapkan target pertumbuhan Ekonomi makro Ekonomi dan Composition Komposisi Lainnya, kesawam perencanaan dan penentuan waktu pelaksanaan terlibat, dan menasihati pemerintah penggunaan dana untuk modal Pembangunan Proyek-Proyek.
Development Planning Perencanaan Pembangunan
Tanggung jawab untuk perencanaan ekonomi dipercayakan dalam Pembangunan Ekonomi Nasional dan Otoritas. Tanggung jawab untuk perencanaan Ekonomi dipercayakan negara Pembangunan Ekonomi Nasional dan Otoritas. Dibuat pada bulan Januari 1973, wewenang mandat diasumsikan baik untuk perencanaan ekonomi makro yang telah dilakukan oleh organisasi pendahulunya, Dewan Ekonomi Nasional, dan perencanaan dan pelaksanaan proyek, yang sebelumnya dilakukan oleh Presiden Ekonomi Staf. Dibuat pada bulan Januari 1973, SMERU diasumsikan Baik wewenang untuk perencanaan Ekonomi makro telah dilakukan pendahulunya Yang Dibuat Organisasi, Dewan Ekonomi Nasional, dan perencanaan dan pelaksanaan penentuan waktu, Yang Dibuat Presiden sebelumnya dilakukan Ekonomi Staf. Ekonomi Nasional dan Pembangunan menyerukan Otoritas rencana perluasan lapangan kerja, memaksimalkan pertumbuhan, pencapaian tanggung jawab fiskal dan stabilitas moneter, penyediaan layanan sosial, dan pemerataan pendapatan yang dihasilkan oleh administrasi Marcos untuk 1974-77, 1978-82, dan 1983-1988, dan oleh pemerintahan Aquino untuk 1987-1992. Nasional Ekonomi dan Pembangunan menyerukan Otoritas Rencana perluasan Lapangan kerja jangka pendek, memaksimalkan pertumbuhan, pencapaian tanggung jawab dan stabilitas moneter fiskal, sosial similar: pendekatan model penyediaan, dan pemerataan pendapatan Yang dihasilkan Dibuat Administrasi Marcos untuk 1974-77, 1978-82, dan 1983-1988, Dibuat dan pemerintahan Aquino untuk 1987-1992. Pertumbuhan didorong terutama melalui penyediaan infrastruktur dan insentif untuk investasi oleh modal swasta. Pertumbuhan terutama didorong Canada penyediaan Infrastruktur dan insentif untuk Investment Swasta Dibuat modal. Ekuitas, tujuan derivatif, yang akan dicapai sebagai hasil dari ekspansi ekonomi dinamis dalam lingkungan kebijakan yang tepat yang menekankan produksi yang padat karya. Ekuitas, derivatif Composition Komposisi, Yang akan dicapai sebagai Hasil Dari ekspansi Ekonomi Lingkungan dinamis negara kebijakan tepat Yang Yang Yang menekankan Produksi Padat Karya.
Ekonomi dan Pembangunan Nasional Otoritas Pembangunan Jangka Menengah Rencana, 1987-1992 tercermin kampanye Aquino tema: penghapusan struktur hak istimewa dan monopoli ekonomi; desentralisasi kekuasaan dan pengambilan keputusan, dan pengurangan kemiskinan pengangguran dan massa, terutama di daerah pedesaan . Ekonomi dan Pembangunan Nasional Jangka Menengah Otoritas Pembangunan Rencana, 1987-1992 tercermin Kampanye Aquino tema: penghapusan ring Pihak yang hak monopoli dan Ekonomi; desentralisasi kekuasaan dan pengambilan keputusan, Equity kemiskinan di kabupaten kutai pengangguran dan massa dan, terutama di Daerah Pedesaan. Sektor swasta digambarkan sebagai baik "inisiator" dan "penggerak utama" dari pembangunan negara, sehingga pemerintah adalah "untuk mendorong dan mendukung inisiatif pribadi ", dan partisipasi negara dalam ekonomi memang harus diminimalkan dan desentralisasi.
. Sektor Swasta digambarkan sebagai Baik "inisiator" dan "penggerak Utama" Dari Pembangunan Negara, sehingga pemerintah adalah "untuk mendorong dan mendukung inisiatif Pribadi", dan Ekonomi Negara Partisipasi Memang Harus diminimalkan dan desentralisasi. Tujuan meliputi pengentasan kemiskinan, generasi masa kerja lebih produktif, promosi kesetaraan dan keadilan sosial, dan pencapaian pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Composition Komposisi pengentasan kemiskinan di kabupaten kuatai meliputi, Generasi Masa kerja jangka pendek lebih Produktif, promosi kesetaraan dan Keadilan sosial, dan pencapaian pertumbuhan berkelanjutan Yang Ekonomi. Tujuan itu harus dicapai melalui reformasi agraria, memperkuat proses perundingan bersama; melaksanakan pedesaan, proyek-proyek infrastruktur padat karya, menyediakan layanan sosial, dan pendidikan memperluas dan pelatihan ketrampilan. Composition Komposisi itu Harus dicapai Canada reformasi agraria, memperkuat proses Bersama perundingan; Pedesaan melaksanakan, penentuan waktu-penentuan waktu Infrastruktur padat karya, menyediakan pelayanan sosial; dan memperluas Pendidikan dan Pelatihan ketrampilan. Namun demikian, seperti rencana sebelumnya, tujuan dan sasaran itu harus direalisasikan, menetes-down mode, sebagai konsekuensi untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, meskipun pertumbuhan yang lebih terfokus pada sektor pertanian. Namun demikian, Rencana Pembongkaran sebelumnya, dan sasaran Composition Komposisi ituHarus direalisasikan, modus menetes-down, sebagai konsekuensi untuk mencapai pertumbuhan Ekonomi berkelanjutan yang, meskipun pertumbuhan pada disektor pertanian Yang lebih terfokus.
Rencana tersebut juga melibatkan pelaksanaan lebih tepat, kebijakan fiskal dan moneter yang berorientasi pasar, mencapai kebijakan perdagangan yang lebih liberal didasarkan pada keunggulan komparatif, dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan sipil, serta penegakan hukum yang lebih baik dan peraturan pemerintah. Rencana tersebut Juga melibatkan pelaksanaan lebih tepat, moneter dan kebijakan fiskal Yang berorientasi pasar, mencapai kebijakan perdagangan liberal didasarkan Yang lebih pada keunggulan komparatif, meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan dan Sipil, Hukum Serta penegakan Yang lebih Baik pemerintah dan konsisten menyediakan. Manajemen yang tepat utang luar negeri negara itu untuk memungkinkan tingkat yang dapat diterima pertumbuhan dan pembentukan "pragmatis," kebijakan luar negeri yang berorientasi pembangunan sangat penting. Policy Yang tepat Utang Luar Negeri Negara untuk tingkat memungkinkan itu Yang dapat diterima pertumbuhan dan pembentukan "pragmatis," Luar Negeri Yang Sangat kebijakan Pembangunan berorientasi parts.
Kinerja ekonomi jatuh jauh dari target rencana. Kinerja Jatuh jauh dari Rencana Ekonomi Dari target. Misalnya, laju pertumbuhan riil PDB 1987-1990 rata-rata 25 persen lebih rendah dari tarif yang ditargetkan, laju pertumbuhan ekspor riil adalah sepertiga kurang, dan tingkat pertumbuhan impor sebenarnya lebih dari ganda. Misalnya, Laju pertumbuhan PDB riil 1987-1990 rata-rata 25 persen lebih rendah Dari tarif ditargetkan yang, Laju pertumbuhan Ekspor adalah sepertiga Kurang riil, dan tingkat pertumbuhan impor sebenarnya lebih Dari ganda. Target, bagaimanapun, memberikan dasar untuk diskusi konsistensi laporan resmi dan apakah rencana tingkat pertumbuhan yang kompatibel dengan pemeliharaan obligationsg utang-pembayaran eksternal.. Target, bagaimanapun, memberikan ditempatkan untuk konsistensi Diskusi Laporan resmi dan apakah Rencana tingkat pertumbuhan kompatibel Artikel Baru Yang Pemeliharaan retensi-Pembayaran Utang eksternal. Rencana tersebut juga menetapkan prioritas. Juga menetapkan Rencana Prioritas tersebut. Kedua kampanye Aquino pernyataan dan kebijakan yang terkandung dalam dokumen perencanaan menekankan kebijakan yang baik akan mempengaruhi masyarakat miskin dan sektor pedesaan. Kampanye Kedua pernyataan Aquino dan kebijakan Yang terkandung Dokumen perencanaan Yang Baik menekankan kebijakan akan mempengaruhi Masyarakat Miskin Pedesaan dan disektor
. Namun, karena perpecahan di dalam kabinet, konflik dengan Kongres, dan keraguan presiden, kebijakan seperti tanah dan reformasi pajak baik tidak dilaksanakan atau dilaksanakan dalam mode terganggu. Namun, karena ada perpecahan di kabinet, konflik Artikel Baru Kongres, dan presiden keraguan, kebijakan reformasi Tanah dan Pembongkaran Pajak Baik regular tidak dilaksanakan atau dilaksanakan kesawan modus terganggu. Selain itu, Filipina dibatasi sumber daya yang tersedia untuk proyek-proyek pembangunan dan penyediaan pelayanan pemerintah untuk menjaga hubungan baik dengan para kreditur internasional. Selain ITU, Filipina sumber daya dibatasi Yang Tersedia untuk penentuan waktu-penentuan waktu Pembangunan dan penyediaan pelayanan pemerintah untuk menjaga sales Artikel Baru Baik para Kreditur Internasional.
Pemerintah Filipina telah dilakukan untuk memberikan insentif kepada perusahaan, baik domestik maupun asing, untuk berinvestasi di bidang-bidang prioritas ekonomi sejak awal 1950-an. Pemerintah Filipina telah dilakukan untuk memberikan insentif kepada anak pajak tangguhan, Baik domestik maupun Mata, untuk berinvestasi di Prioritas-II c. Kepemilikan Modal c. Kepemilikan Modal Ekonomi sejak akhir 1950-an. Pada tahun 1967 sebuah Investasi Insentif UU, dikelola oleh Dewan Investasi (BOI), disahkan untuk mendorong dan investasi langsung lebih sistematis. 1967 years pada sebuah Investasi insentif UU, dikelola Dibuat Dewan Investasi (BOI), disahkan untuk mendorong dan sistematis lebih Investment Langsung. Tiga tahun kemudian, sebuah Ekspor Insentif UU disahkan, melanjutkan upaya menggerakkan perekonomian di luar importsubstitution manufaktur. Tiga years kemudian, sebuah Ekspor insentif UU disahkan, melanjutkan Upaya menggerakkan perekonomian di Luar manufaktur importsubstitution. Struktur insentif di akhir 1960-an dan 1970-an telah dikritik karena mendukung investasi padat modal dibandingkan investasi pada industri pertanian dan ekspor, serta tidak cukup besar. Struktur Penambahan insentif di 1960-an dan 1970-an telah dikritik karena mendukung padat modal dibandingkan Investment Investment pada Ekspor industri pertanian dan, Serta regular tidak cukup Besar. Ekspor insentif tidak cukup untuk mengatasi bias lainnya terhadap ekspor yang terkandung dalam struktur tarif proteksi dan overvaluation peso. Ekspor insentif regular tidak cukup untuk mengatasi bias terhadap Ekspor Lainnya Yang terkandung kesawan ring proteksi tarif dan peso overvaluation. Sistem insentif investasi direvisi pada tahun 1983, dan sekali lagi pada tahun 1987, dengan tujuan kinerja bermanfaat, terutama ekspor dan produksi padat karya. Sistem insentif Investment direvisi pada tahun 1983, dan Sekali Lagi pada tahun 1987, Composition Komposisi bermanfaat Kinerja Artikel Baru, terutama Ekspor Produksi dan padat karya. Sebagai hasil dari keberatan yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan negara-negara industri lainnya untuk ketentuan ekspor-subsidi yang terkandung dalam tahun 1983 Kode Investasi, banyak bantuan khusus kepada eksportir telah dihapus dalam versi 1987. Sebagai Hasil Dari Yang dilakukan keberatan Dibuat amerika Serikat dan Negara-Negara Lainnya industri untuk ketentuan ekspor-subsidi Yang terkandung tahun1983 Kode Investasi, banyak Khusus bantuan kepada eksportir telah dihapus kesawan versi 1987. Investasi tahun 1987 Kode delegasi
 discretionary power besar atas investasi asing kepada pemerintah Dewan Investasi saat partisipasi asing di perusahaan melebihi 40 persen. Investasi years 1987 Kode delegasi kekuasaan tetap Permanent Besar discretionary Investment Mata pemerintah kepada Dewan Saat Investasi Partisipasi kesawan melebihi suatu Mata Anak 40 persen. Legislasi sedang dipertimbangkan oleh Kongres Filipina pada awal 1991 akan membatasi otoritas ini. Legislasi sedang dipertimbangkan Dibuat Kongres Filipina PADA akhir 1991 akan membatasi otoritas Suami. Berdasarkan proposal baru, partisipasi asing melebihi 40 persen akan diizinkan di wilayah manapun yang tidak dicakup oleh dispesifikasikan "daftar negatif." Berdasarkan usulan Baru, melebihi Mata Partisipasi 40 persen akan diizinkan di Wilayah manapun Yang Dibuat regular tidak dicakup dispesifikasikan "daftar negatif."
Fiscal Policy Kebijakan Fiskal
Secara historis, pemerintah telah mengambil sikap lebih konservatif tentang kegiatan fiskal. Secara historis, pemerintah telah mengambil sikap lebih konservatif fiskal Tentang kegiatan. Sampai tahun 1970, pengeluaran pemerintah dan perpajakan nasional masing-masing umumnya kurang dari 10 persen dari GNP. Sampai years 1970, Pengeluaran pemerintah dan perpajakan masing-masing umumnya pendidikan nasional Kurang Dari 10 persen Dari GNP. (Jumlah pengeluaran provinsi, kota, dan pemerintah kota yang kecil, antara 5 dan 10 persen dari pengeluaran pemerintah nasional di tahun 1980-an.) bawah rezim Marcos, aktivitas pemerintah nasional meningkat menjadi antara 15 dan 17 persen dari GNP, terutama karena peningkatan pengeluaran modal dan, kemudian, tumbuh pembayaran utang-service. (Jumlah Pengeluaran provinsi, kota, dan pemerintah kota Kecil yang, Antara 5 dan 10 persen Dari Pengeluaran pemerintah pendidikan nasional di years 1980-an) Bawah Rezim Marcos, aktivitas pemerintah meningkat pendidikan nasional antara menjadi 15 dan 17 persen Dari GNP, terutama karena Pengeluaran dan peningkatan modal. , kemudian, Pembayaran Utang-service Tumbuh. Pada tahun 1987 dan 1988, rasio pengeluaran pemerintah terhadap GNP naik di atas 20 persen. pada years 1987 dan 1988, rasio Pengeluaran pemerintah terhadap PDB naik 20 persen di tetap Permanent. Penerimaan pajak, bagaimanapun, tetap relatif stabil, jarang naik di atas 12 persen dari GNP. Penerimaan Pajak, bagaimanapun, Tetap relatif stabil, jarang naik 12 persen di tetap Permanent Dari GNP. Defisit anggaran pemerintah kronis ditutupi dengan meminjam internasional selama era Marcos dan terutama dengan meminjam dalam negeri selama pemerintahan Aquino. anggaran pemerintah defisit kronis Artikel Baru meminjam era selama ditutupi Internasional Marcos dan terutama Artikel Baru kesawan meminjam Negeri selama pemerintahan Aquino. Kedua pendekatan berkontribusi pada lingkaran setan defisit menghasilkan kebutuhan pinjaman, dan layanan utang kredit tersebut menciptakan defisit yang lebih besar dan perlu meminjam bahkan lebih. Kedua pendekatan berkontribusi pada Lingkaran setan defisit menghasilkan proposal usulan kebutuhan similar: pendekatan model, dan Utang Kredit Yang menciptakan defisit tersebut dan perlu meminjam lebih Besar bahkan lebih. Pada 5,2 persen dari GNP, defisit pemerintah 1990 adalah pertimbangan utama dalam perjanjian 1991 siaga antara Manila dan IMF. Pada 5,2 persen Dari GNP, defisit pemerintah 1990 adalah pertimbangan Utama kesawan perjanjian 1991 antaraManila siaga dan IMF.
Seiring waktu, pembagian pengeluaran pemerintah telah berubah. Seiring julian, Pengeluaran pemerintah telah Pembagian berubah. Pada tahun 1989 bagian terbesar dari anggaran pemerintah nasional (43,9 persen) pergi untuk pembayaran utang. . Pada 1989 terbesarnya years Name of Dari anggaran pemerintah pendidikan nasional (43,9 persen) Pergi untuk Pembayaran Utang. Sebagian besar sisanya ditutupi pelayanan ekonomi dan pelayanan sosial, termasuk pendidikan. Sebagian Besar sisanya ditutupi pelayanan Ekonomi dan pelayanan sosial, termasuk Pendidikan. Hanya 9,1 persen dari anggaran dialokasikan untuk pertahanan. Hanya 9,1 persen Dari anggaran dialokasikan untuk pertahanan. Filipina mencurahkan proporsi yang lebih kecil dari GNP untuk pertahanan daripada negara lain di Asia Tenggara. Filipina mencurahkan proporsi Yang lebih Kecil Dari GNP untuk pertahanan small Negara lain di Asia Tenggara. Pemerintah Aquino merumuskan program reformasi perpajakan pada tahun 1986 yang berisi sekitar tiga puluh langkah-langkah baru. Pemerintah Aquino merumuskan program reformasi perpajakan PADA years 1986 Yang berisi sekitar Tiga puluh Langkah-Langkah Baru. Sebagian besar pajak ekspor dihapuskan, pajak penghasilan yang disederhanakan dan dibuat lebih progresif, sistem insentif investasi direvisi, pajak barang mewah dikenakan sanksi, dan, dimulai pada tahun 1988, berbagai pajak penjualan digantikan oleh 10 persen pajak pertambahan nilai - fitur utama dari upaya reformasi administrasi itu pajak. Sebagian Besar Pajak Ekspor dihapuskan, penghasilan Yang disederhanakan dan Pajak Progresif Dibuat lebih, sistem insentif Investment direvisi, Pajak Barang Mewah sanksi dikenakan, dan, dimulai PADA years 1988, Pajak Penjualan berbagai Dibuat digantikan 10 persen Pajak pertambahan Nilai - fitur Utama Dari Upaya reformasi  administrasi itu Pajak. Beberapa perbaikan administrasi juga dibuat. Beberapa perbaikan Administrasi Juga Dibuat. Perubahan, bagaimanapun, tidak berpengaruh kenaikan yang cukup berarti pendapatan pajak sebagai proporsi GNP. Perubahan, bagaimanapun, kenaikan kesawan regular tidak berpengaruh berarti menarik dana Pajak sebagai proporsi GNP.
Masalah dengan sistem pajak Filipina tampaknya lebih berkaitan dengan koleksi dibandingkan dengan tarif. Masalah sistem Pajak Artikel Baru Filipina tampaknya lebih berkaitan Artikel Baru Koleksi Artikel Baru dibandingkan tarif. Estimasi pajak penghasilan kepatuhan individu pada akhir tahun 1980 berkisar antara 13 dan 27 persen. Estimasi Pajak penghasilan kepatuhan individu PADA Penambahan years 1980 antara berkisar 13 dan 27 persen. Penilaian besarnya penghindaran pajak oleh wajib pajak penghasilan badan tahun 1984 dan 1985 bervariasi dari terendah P1.7 miliar sampai setinggi miliar P13. Penilaian besarnya penghindaran Dibuat Wajib Pajak Pajak penghasilan badan years 1984 dan 1985 bervariasi terendah Dari P1.7 billion Sampai setinggi P13 billion. Sosok yang terakhir ini didasarkan pada kenyataan bahwa hanya 38 persen dari perusahaan yang terdaftar di negara ini benar-benar mengajukan pengembalian pajak pada tahun 1985. Sosok Suami Yang Terakhir
pada didasarkan kenyataan bahwa Hanya 38 persen anak pajak tangguhan Dari Yang Terdaftar di Negara Suami Benar-Benar mengajukan pengembalian Pajak pada tahun 1985. Meskipun koleksi pada tahun 1989 adalah P10.1 miliar, meningkat 70 persen dibanding tahun 1988, mereka tetap P1.4 miliar di bawah ekspektasi. Meskipun Koleksi pada years 1989 adalah P10.1 billion, meningkat 70 persen dibanding years 1988, mereka Tetap P1.4 billion ekspektasi di Bawah. Penghindaran pajak ini diperparah oleh salah urus dan korupsi. Penghindaran Pajak Suami diperparah salah urus Dibuat dan Korupsi. Sebuah studi 1987 pemerintah menetapkan bahwa 25 persen dari anggaran nasional hilang suap dan korupsi. Sebuah studi 1987 pemerintah menetapkan bahwa 25 persen anggaran Dari Korupsi suap Hilang dan pendidikan nasional.
Tingkat koleksi rendah juga memperkuat struktur regresif dari sistem pajak. Juga rendah Tingkat Koleksi memperkuat ring regresif Dari Pajak sistem. Bank Dunia menghitung bahwa tarif pajak yang berlaku (pajak yang dibayar sebagai proporsi pendapatan) keluarga berpenghasilan rendah sekitar 50 persen lebih besar daripada keluarga berpenghasilan tinggi di pertengahan 1980-an. Bank Dunia menghitung bahwa tarif Pajak Yang Berlaku (PAJAK Yang Dibayar sebagai proporsi pendapatan) Keluarga berpenghasilan rendah sekitar 50 persen lebih Besar small Keluarga berpenghasilan Tinggi di pertengahan 1980-an. Keluarga berpenghasilan menengah membayar persentase terbesar. Keluarga berpenghasilan menengah Batas Membayar daya terbesarnya. Hal ini disebabkan sebagian oleh ketergantungan pemerintah pada pajak tidak langsung. Suami hal disebabkan sebagian Dibuat ketergantungan pemerintah . Pada Pajak regular tidak Langsung. Pajak penghasilan individu menyumbang hanya 8,9 persen dari penerimaan negara dari pajak pada tahun 1989, dan pajak penghasilan badan hanya 18,5 persen. Pajak penghasilan individu menyumbang Hanya 8,9 persen Dari menarik dana Negara Dari Pajak . Pada years 1989, Pajak penghasilan badan dan Hanya 18,5 persen. Pajak barang dan jasa dan tugas pada transaksi internasional terdiri 70 persen dari penerimaan pajak pada tahun 1989, kurang lebih sama dengan tahun 1960. Pajak Barang dan Jasa dan tugas . Pada terdiri Istimewa Dari Internasional 70 persen
 Pajak menarik dana . Pada years 1989, Kurang lebih sama years Artikel Baru 1960.
Defisit sektor konsolidasi publik - defisit gabungan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan anggaran perusahaan sektor publik - yang telah sangat berkurang dalam dua tahun pertama pemerintahan Aquino, naik menjadi 5,2 dari GNP pada akhir tahun 1990 . Defisit disektor SUBSIDIARIES Publik - defisit Gabungan Dari pemerintah pusat, pemerintah Daerah, anggaran Anak dan disektor Publik - Yang Sangat telah berkurang KESAWAN doa years Pertama pemerintahan Aquino, naik menjadi 5,2 Dari GNP
. Pada Penambahan years 1990. Pada bulan Juni 1990, pemerintah mengajukan paket reformasi yang komprehensif pajak baru dalam upaya untuk mengendalikan defisit sektor publik. . Pada bulan Juni 1990, mengajukan paket reformasi komprehensif pemerintah Pajak Yang Baru KESAWAN Upaya untuk mengendalikan defisit disektor Publik. Tentang waktu itu, IMF, Bank Dunia, dan pemerintah Jepang membekukan penyaluran kredit karena Filipina tidak sesuai dengan target dalam perjanjian siaga dengan IMF. Tentang julian ITU, IMF, Bank Dunia, dan pemerintah Jepang
membekukan penyaluran Kredit KARENA Filipina regular tidak sesuai target Artikel Baru kesawan perjanjian siaga Artikel Baru IMF. Sebagai akibat dari krisis 1990-91 Teluk Persia, harga minyak meningkat dan Dana Stabilisasi Harga Minyak menempatkan beban tambahan pada anggaran. Sebagai akibat krisis 1990-1991 Dari Teluk Persia, harga Minyak meningkat dan Dana Stabilisasi Harga Minyak menempatkan sales Transaksi PADA anggaran. Penghentian tiba-tiba kiriman uang dollar dari pekerja kontrak di Kuwait dan Irak dan kenaikan suku bunga hutang dalam negeri pemerintah juga memberikan kontribusi kepada defisit. Penghentian TIBA-TIBA kiriman uang dolar Kontrak Dari pekerja di Kuwait dan Irak dan kenaikan suku bunga Hutang pemerintah kesawan Negeri Juga memberikan kontribusi kepada defisit. Perundingan antara pemerintah Aquino dan Kongres usulan pajak administrasi turun melalui pada bulan Oktober 1990, dengan dua belah pihak menyetujui untuk fokus pada koleksi pajak ditingkatkan, privatisasi lebih cepat dari perusahaan milik pemerintah dan pemerintah yang dikendalikan, dan pembebanan pungutan impor sementara . Perundingan antara Aquino pemerintah dan Kongres usulan Administrasi Pajak turun Canada PADA bulan Oktober 1990, Artikel Baru belah pihak menyetujui doa untuk fokus pada Koleksi Pajak ditingkatkan, lebih Cepat Dari privatisasi anak pajak tangguhan milikini pemerintah dan dikendalikan pemerintah yang, pembebanan pungutan impor & e dan. Perjanjian siaga baru antara pemerintah dan IMF pada tahun 1991 awal komitmen pemerintah untuk menaikkan pajak dan harga energi. Perjanjian siaga ANTARA pemerintah Baru dan IMF years PADA akhir 1991 komitmen pemerintah untuk menaikkan Pajak dan harga energi. Meskipun ketentuan perjanjian itu diperlukan untuk menjamin pinjaman segar, tindakan peningkatan hubungan administrasi sudah tersinggung dengan Kongres. Meskipun perjanjian diperlukan ITU ketentuan untuk menjamin proposal usulan segar, peningkatan Sudah sales tindakan Administrasi tersinggung Kongres Artikel Baru.
Monetary Policy Kebijakan Moneter
Bank Sentral Filipina didirikan pada bulan Juni 1948 dan mulai beroperasi bulan Januari berikut. Bank Sentral Filipina didirikan PADA bulan Juni 1948 dan Mulai beroperasi bulan Januari berikut. Hal ini dibebankan dengan menjaga stabilitas moneter; melestarikan nilai dan covertibility dari peso, dan mendorong moneter, kredit, dan pertukaran kondisi yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi negara. Suami hal dibebankan Artikel Baru menjaga stabilitas moneter; melestarikan dan Nilai covertibility Dari peso, moneter dan mendorong, Kredit, dan pertukaran kondisi kondusif Yang BAGI pertumbuhan Ekonomi Negara. Pada tahun 1991 badan pembuat kebijakan Bank Sentral adalah Dewan Moneter, yang terdiri dari gubernur Bank Sentral sebagai ketua, sekretaris keuangan, direktur umum National Economic and Development Authority, Ketua Badan Penanaman Modal , dan tiga anggota dari sektor swasta. PADA years 1991 badan pembuat kebijakan Bank Sentral adalah Dewan Moneter, Yang terdiri Dari gubernur Bank Sentral sebagai ketua, Sekretaris keuangan, direktur Umum Nasional Ekonomi dan Development Authority, Ketua Badan Penanaman Modal, dan Tiga anggota Dari Swasta disektor. Dalam menjalankan fungsinya, Bank Sentral diawasi sistem perbankan komersial dan dikelola sistem mata uang asing di negara itu. KESAWAN menjalankan fungsinya, Bank Sentral sistem Perbankan diawasi dan dikelola Rp Rp Anak sistem mata uang Negara Mata.
Dari tahun 1975 sampai 1982, tabungan domestik (termasuk tunjangan modal konsumsi) rata-rata 25 persen dari GNP, sekitar 5 persen kurang dari pembentukan modal domestik bruto tahunan. Dari years 1975 Sampai tahun 1982, domestik Tabungan (termasuk tunjangan modal konsumsi) rata-rata 25 persen GNP Dari, sekitar 5 persen Kurang Dari pembentukan modal domestik bruto Tahunan. Celah ini sumber daya dipenuhi dengan modal asing. Suami Celah sumber daya dipenuhi Artikel Baru Mata modal. Antara 1983 dan 1989, tabungan dalam negeri sebagai
 proporsi GNP ditolak pada rata-rata oleh ketiga, awalnya karena dampak krisis ekonomi terhadap tabungan pribadi dan kemudian lebih karena tabungan pemerintah negatif. Antara 1983 dan 1989, Tabungan domestik sebagai proporsi GNP ditolak PADA SIBOR Dibuat rata-rata, awalnya KARENA dampak krisis Ekonomi terhadap Tabungan Pribadi dan kemudian lebih KARENA Tabungan negatif pemerintah. Investasi juga menurun, sehingga selama tiga tahun ini, tabungan dalam negeri ternyata melebihi investasi bruto. Juga Investasi menurun, sehingga selama Tiga years Suami, kesawan Tabungan Negeri ternyata melebihi Investment bruto.
Dari waktu itu mulai beroperasi sampai awal 1980-an, Bank Sentral campur tangan secara ekstensif dalam kehidupan keuangan negara. Dari julian itu Mulai beroperasi Sampai akhir 1980-an, Bank Sentral campur Tangan Secara ekstensif kesawan kehidupan keuangan Negara. Hal ini menentukan tingkat bunga pada kedua deposito bank dan pinjaman, sering dengan tarif yang, ketika disesuaikan dengan inflasi, negatif. Suami hal menentukan tingkat bunga deposito bank PADA kedua dan proposal usulan, tarif Artikel Baru Yang Sering, ketika disesuaikan Artikel Baru Inflasi, negatif. Bank Sentral kredit telah diperpanjang bagi bank umum melalui sistem ekstensif rediscounting. Bank Sentral Kredit telah diperpanjang bank Umum sistem bagi Canada
 rediscounting ekstensif. Pada 1970-an, sistem perbankan terpaksa, dengan bantuan Bank Sentral, untuk kredit asing dengan persyaratan yang umumnya diabaikan risiko valuta asing. PADA 1970-an, sistem Perbankan terpaksa, Artikel Baru bantuan Bank Sentral, untuk Kredit Mata persyaratan Artikel Baru Yang umumnya diabaikan Mata risiko valuta. Kombinasi faktor-faktor ini diatasi terhadap perkembangan intermediasi keuangan dalam perekonomian, khususnya pertumbuhan tabungan jangka panjang. Kombinasi faktor-faktor Suami diatasi terhadap perkembangan perekonomian KESAWAN intermediasi keuangan, khususnya pertumbuhan Tabungan Jangka Panjang. Ketergantungan perbankan pada dana dari Bank Sentral pada tingkat bunga rendah, dalam hubungannya dengan kewenangan discretionary bank, telah dikutip sebagai faktor berkontribusi pada kekacauan keuangan yang terjadi pada 1980-an. Ketergantungan Perbankan PADA Dana Dari Bank Sentral PADA discretionary tingkat bunga rendah, KESAWAN hubungannya kewenangan Artikel Baru bank, dikutip sebagai faktor telah berkontribusi PADA kekacauan keuangan terjadi di Yang years 1980-an. Misalnya, proporsi pinjaman Bank Sentral dan uang muka kepada lembaga keuangan milik pemerintah meningkat dari sekitar 25 persen dari total pada tahun 1970 menjadi 45 persen pada tahun 1981-1982. Misalnya, Pinjaman Bank Sentral proporsi uang muka kepada Lembaga dan milikini keuangan pemerintah meningkat sekitar 25 persen Dari Dari total years PADA 1970 menjadi 45 persen PADA years 1981-1982. Pinjaman Bank Pembangunan milik pemerintah Filipina dari Bank Sentral meningkat hampir 100 kali lipat selama periode ini. Pinjaman Bank Pembangunan milikini pemerintah Filipina Dari Bank Sentral meningkat hampir 100 kali lipat selama periode Suami. Akses ke sumber daya semacam ini, dalam hubungannya dengan tingkat bunga subsidi, memungkinkan kroni Marcos untuk memperoleh pinjaman dan talangan kemudian berkontribusi pada kekacauan keuangan. Akses sumber daya semacam Suami ke, KESAWAN hubungannya Artikel Baru tingkat bunga subsidi, memungkinkan kroni Marcos untuk memperoleh dan proposal usulan talangan kemudian berkontribusi PADA kekacauan keuangan.
Pada awal tahun 1980-an, pemerintah memperkenalkan sejumlah kebijakan moneter yang dibangun tahun 1972 reformasi untuk meningkatkan kemampuan industri perbankan untuk memberikan jumlah yang cukup keuangan jangka panjang. PADA akhir 1980-an years sejumlah memperkenalkan, pemerintah
kebijakan moneter Yang years dibangun 1972 reformasi untuk meningkatkan kemampuan industri Perbankan untuk memberikan cukup Aset Yang Jangka Panjang keuangan. Upaya yang dilakukan untuk memperluas basis modal bank melalui mendorong merger dan konsolidasi. Upaya Yang dilakukan untuk memperluas basis modal bank Canada mendorong dan merger SUBSIDIARIES. Sebuah kelas baru bank, disebut sebagai "bank komersial diperluas" atau "unibanks," diciptakan untuk meningkatkan persaingan dan efisiensi industri perbankan dan untuk meningkatkan aliran tabungan jangka panjang. Sebuah kelas bank Baru, disebut sebagai "bank diperluas Rp Rp Anak" atau "unibanks," diciptakan untuk meningkatkan persaingan dan efisiensi industri Perbankan dan untuk meningkatkan Aliran Tabungan Jangka Panjang. Kualifikasi bank - mereka yang memiliki modal lebih dari P500 juta - diizinkan untuk memperluas operasi mereka ke berbagai kegiatan baru, menggabungkan perbankan komersial dengan kegiatan rumah investasi. Kualifikasi bank - mereka Yang lebih memiliki modal Dari P500 juta - diizinkan untuk memperluas Aktiva lain mereka ke berbagai kegiatan Baru, Perbankan Komersial Artikel Baru rumah kegiatan menggabungkan Investment. Divisi fungsional antara kategori lain bank berkurang, dan bahwa antara BPR dan bank penghematan dieliminasi. Divisi fungsional ANTARA Kategori Jumlah bank berkurang, dan bahwa ANTARA BPR dan bank penghematan dieliminasi. Tingkat bunga adalah deregulasi selama periode yang sama, sehingga pada Januari 1983 plafon suku bunga semua sudah dihapus. Tingkat bunga adalah deregulasi selama periode Yang sama, sehingga PADA Januari 1983 plafon suku bunga * Semua Sudah dihapus. Hak Rediscounting berkurang, dan tingkat rediscount yang ditetapkan dalam kaitannya dengan biaya bersaing dana. hak Rediscounting berkurang, dan tingkat rediscount Yang ditetapkan KESAWAN Artikel Baru kaitannya biaya bersaing dana. Meskipun respons jangka pendek tampak menguntungkan, ada perubahan jangka panjang sedikit. Meskipun respon Jangka Pendek Tampak menguntungkan, ADA perubahan Jangka Panjang sedikit. Rasio pasokan uang negara, didefinisikan secara luas untuk mencakup tabungan dan deposito berjangka, untuk GNP, sekitar 0,2 pada tahun 1970, naik menjadi 0,3 pada tahun 1983, tetapi kemudian turun lagi menjadi tepat di atas 0,2 di akhir 1980-an. Rasio pasokan uang Negara, Secara Luas didefinisikan untuk mencakup Tabungan dan deposito berjangka, GNP untuk, sekitar 0,2 PADA years 1970, naik menjadi 0,3 PADA years 1983, tetapi kemudian turun Lagi menjadi tepat di tetap Permanent Penambahan 0,2 di 1980 - sebuah. Rasio ini merupakan salah satu yang terendah di Asia Tenggara. Rasio Suami merupakan salah Satu Yang terendah di Asia Tenggara.
Moneter dan kebijakan fiskal yang ditetapkan oleh pemerintah pada awal tahun 1980, memberikan kontribusi untuk margin intermediasi besar, perbedaan antara suku bunga kredit dan pinjaman. Moneter dan kebijakan fiskal ditetapkan pemerintah Dibuat Yang years PADA akhir tahun 1980, memberikan kontribusi untuk marjin Besar intermediasi, suku bunga Kredit ANTARA penyusutan dan proposal usulan. Pada tahun 1988, misalnya, suku bunga pinjaman rata-rata 16,8 persen, sedangkan suku bunga tabungan hanya sedikit lebih dari 4 persen. PADA years 1988, misalnya, suku bunga proposal usulan rata-rata 16,8 persen, sedangkan suku bunga Tabungan Hanya sedikit lebih Dari 4 persen. Bank Sentral tradisional dipertahankan persyaratan cadangan relatif tinggi (proporsi deposito yang harus tetap di cadangan), lebih dari 20 persen. Bank Sentral dipertahankan tradisional persyaratan Cadangan relatif Tinggi (proporsi berjangka Tetap Yang Harus di Cadangan), lebih Dari 20 persen. Pada tahun 1990 kebutuhan cadangan direvisi ke atas dua kali, pergi dari 21 persen menjadi 25 persen. PADA years 1990 kebutuhan Cadangan direvisi ke Atas doa kali, Pergi Dari 21 persen menjadi 25 persen. Selain itu, pemerintah yang dikenakan baik pajak 5 persen bruto pada penerimaan pajak bank dan 20 persen pada pendapatan deposito, dan meminjam secara ekstensif untuk menutupi defisit anggaran dan pertumbuhan untuk menyerap kelebihan jumlah uang beredar. Selain ITU, pemerintah Yang Baik dikenakan Pajak 5 persen bruto PADA menarik dana Pajak bank dan 20 persen pendapatan PADA berjangka, meminjam dan Secara ekstensif untuk menutupi defisit anggaran dan pertumbuhan untuk menyerap Aset distributes kelebihan uang.
Selain margin intermediasi besar, bank-bank Filipina menawarkan tarif secara signifikan berbeda untuk deposito dari jumlah yang berbeda. Selain Besar margin intermediasi, bank-bank Filipina menawarkan tarif Secara signifikan berbeda untuk deposito Dari Aset berbeda yang. Sebagai contoh, pada tahun 1988 suku bunga deposito berjangka enam bulan deposan besar rata-rata hampir 13 persen, sedangkan yang diperoleh penabung kecil hanya 4 persen pada tabungan mereka. Sebagai contoh, PADA years 1988 suku bunga deposito berjangka Enam bulan Besar deposan hampir rata-rata 13 persen, sedangkan diperoleh penabung Hanya Yang Kecil 4 persen PADA Tabungan mereka. Harga yang ditawarkan pada enam bulan dan deposito berjangka dua belas bulan berbeda dengan hanya 1 persen poin, dan perbedaan suku untuk mata uang asing yang jatuh tempo yang tersedia adalah dalam kisaran persentase poin tunggal. Harga Yang ditawarkan PADA Enam bulan dan deposito berjangka doa Belas bulan berbeda Artikel Baru
 Hanya 1 poin persen, penyusutan suku mata untuk uang dan Mata Yang Jatuh Tempo Yang Tersedia adalah tunggal Batas KESAWAN Kisaran poin. Karena tabungan menyumbang sekitar 60 persen dari total deposito bank dan alternatif untuk penabung kecil hanya sedikit, kemungkinan diskriminasi suku bunga oleh industri perbankan komersial antara kecil, kurang informasi deposan dan penabung lebih makmur, cukup tinggi. KARENA Tabungan menyumbang sekitar 60 persen Dari total deposito bank dan alternatif untuk Kecil Hanya sedikit penabung, suku bunga kemungkinan Dibuat diskriminasi industri Perbankan Kecil ANTARA Rp Rp Anak, Kurang penabung dan deposan Informasi lebih makmur, Tinggi cukup. Tingkat bunga deposito berjangka juga adalah tawaran sampai mengurangi pelarian modal. Tingkat bunga deposito berjangka adalah tawaran Sampai Juga mengurangi pelarian modal. Diskriminasi ini ditambah dengan margin intermediasi besar, memunculkan tuduhan oleh
Filipina ekonom dan Bank Dunia bahwa industri perbankan Filipina komersial sangat oligopolistik. Diskriminasi Suami ditambah marjin Artikel Baru intermediasi Besar, tuduhan Oleh para ekonom memunculkan asal Filipina dan Bank Dunia bahwa industri Perbankan Filipina oligopolistik Sangat Komersial.
Pertumbuhan pasokan uang telah sangat bervariasi, memperluas selama gejolak ekonomi dan politik dan kemudian berkontraksi saat Filipina mencoba untuk memenuhi persyaratan IMF. pertumbuhan pasokan bervariasi telah uang Sangat, memperluas selama gejolak Ekonomi dan Politik dan kemudian berkontraksi Saat Filipina mencoba untuk memenuhi persyaratan IMF. Sebelum pemilu 1969, 1984, dan 1986, jumlah uang beredar tumbuh pesat. At pemilu 1969, 1984, dan 1986, Aset uang distributes Tumbuh Pesat. Banjir ekonomi dengan uang sebelum tahun 1986 pemilu satu alasan mengapa pemerintahan Aquino yang baru dipasang memilih untuk memo pengaturan siaga ada dengan IMF pada
awal 1986 dan menegosiasikan kesepakatan baru. Ekonomi Artikel Baru Banjir uang years at 1986 pemilu Satu alasan mengapa pemerintahan Aquino untuk expandabilas Yang Baru dipasang memo siaga pengaturan Artikel Baru Yang ADA PADA IMF akhir 1986 dan menegosiasikan kesepakatan Baru. Bank Sentral dirilis dana untuk menstabilkan situasi keuangan menyusul skandal keuangan di awal 1981, setelah terjadinya krisis ekonomi pada tahun 1983 akhir, dan setelah upaya kudeta tahun 1989. Bank Sentral dirilis dana untuk menstabilkan; batasan keuangan menyusul skandal keuangan di akhir 1981, Penghasilan kena pajak terjadinya krisis Ekonomi PADA years 1983 Penambahan, Penghasilan kena pajak dan Upaya kudeta years 1989. Uang itu kemudian dibeli oleh Departemen Keuangan dan Bank Sentral - yang Jobo disebut tagihan, dinamai lalu Gubernur Bank Sentral Jose Fernandez - dengan bunga tinggi , tingkat yang memuncak pada bulan Oktober 1984 di 43 persen dan mendekati 35 persen pada tahun 1990 akhir. INVENTORIES Uang kemudian ITU Dibuat Departemen Keuangan dan Bank Sentral - yang disebut Jobo Tagihan, dinamai Lalu Gubernur Bank Sentral Jose Fernandez - tingkat bunga Artikel Baru Yang Tinggi, harga Yang memuncak PADA bulan Oktober 1984 di mendekati 43 persen dan 35 persen years PADA 1990 Penambahan. Bunga yang dibayar atas utang ini mengharuskan pinjaman lebih besar. Bunga Yang Dibayar Utang tetap Permanent Suami mengharuskan Besar proposal usulan lebih. Sebaliknya, pada tahun 1984 dan 1985, dalam rangka untuk memperoleh kembali akses ke modal eksternal, laju pertumbuhan jumlah uang beredar sangat ketat. Sebaliknya, years PADA 1984 dan 1985, KESAWAN Rangka Mungkinkan untuk memperoleh Dilaporkan ke modal eksternal, Aset Laju pertumbuhan uang ketat distributes Sangat. IMF mendikte dipenuhi, inflasi yang sangat tinggi mereda, dan rekening giro surplus. IMF mendikte dipenuhi, Inflasi Yang Sangat Tinggi mereda, surplus giro pa da. Sukses, bagaimanapun, adalah diperoleh dengan mengorbankan penurunan tajam dalam output dan pengangguran yang tinggi. Sukses, bagaimanapun, adalah mengorbankan Artikel Baru diperoleh penurunan tajam KESAWAN output pengangguran dan Yang Tinggi.
Privatization Privatisasi
Bila diasumsikan Aquino presiden pada tahun 1986, P31 miliar, sedikit lebih dari 25 persen dari anggaran pemerintah, dialokasikan untuk perusahaan-perusahaan sektor publik - perusahaan milik pemerintah atau pemerintah dikendalikan - dalam bentuk infus ekuitas, subsidi, dan pinjaman . Bila diasumsikan Aquino PADA years presiden 1986, P31 billion, lebih sedikit Dari 25 persen anggaran Dari pemerintah, dialokasikan untuk Anak-anak pajak tangguhan disektor Publik - Anak Milik pemerintah atau pemerintah dikendalikan - infus Bentuk KESAWAN ekuitas, subsidi, dan proposal usulan. Aquino juga merasa perlu untuk menghapuskan P130 miliar dalam bentuk pinjaman buruk yang diberikan oleh dua pemerintah lembaga-lembaga keuangan yang besar, Filipina National Bank dan Bank Pembangunan Filipina, "bagi mereka yang memegang posisi kekuasaan dan benturan kepentingan di bawah Marcos." Aquino Juga merasa perlu untuk menghapuskan P130 KESAWAN billion Bentuk proposal usulan Buruk Yang diberikan Lembaga doa pemerintah Dibuat
-Lembaga keuangan Yang Besar, Filipina National Bank dan Bank Pembangunan Filipina, "BAGI mereka memegang kekuasaan dan Posisi Yang Benturan kepentingan di Bawah Marcos." Perkembangan yang tidak efisien dan tidak menguntungkan perusahaan-perusahaan sektor publik dan kredit macet yang diselenggarakan oleh Bank Nasional Filipina, Bank Pembangunan Filipina, dan badan pemerintah lainnya, adalah warisan berat dari tahun-tahun Marcos. Perkembangan Yang regular tidak efisien dan regular tidak menguntungkan anak pajak tangguhan-anak pajak tangguhan disektor Publik dan k. Kredit Yang Dibuat diselenggarakan Bank Nasional Filipina, Bank Pembangunan Filipina, dan badan pemerintah Lainnya, adalah vehicles years warisan Marcos. Dibebani dengan 296 perusahaan sektor publik, ditambah 399 aset bermasalah lainnya dialihkan kepada pemerintah oleh Bank Nasional Filipina dan Bank Pembangunan Filipina, administrasi Aquino membentuk Privatisasi Aset Trust pada tahun 1986 untuk membuang sifat milik pemerintah dan pemerintah dikendalikan . Artikel Baru Dibebani 296 anak pajak tangguhan disektor Publik, ditambah 399 Aset Lainnya bermasalah dialihkan kepada pemerintah Dibuat Bank Nasional dan Bank Pembangunan Filipina Filipina, Administrasi Aquino membentuk Privatisasi Aset Trust years PADA 1986 untuk membuang Sifat milikini dikendalikan pemerintah dan pemerintah. Pada awal 1991, Privatisasi Aset Trust telah menjual 230 aset dengan penerimaan bersih sebesar P14.3. PADA akhir 1991, Privatisasi Aset Trust telah menjual 230 Aset Artikel Baru P14.3 menarik dana bersih sebesar. Lain tujuh puluh empat perusahaan sektor publik yang diciptakan dengan pemerintah langsung
investasi disiapkan untuk penjualan; lima puluh tujuh perusahaan tersebut dijual seluruhnya atau sebagian untuk total sekitar P6 miliar. Empat puluh anak pajak tangguhan Lain disektor Publik Tujuh Yang diciptakan pemerintah Investment Artikel Baru Yang Langsung disiapkan untuk Penjualan; lima puluh anak pajak tangguhan Tujuh tersebut seluruhnya atau sebagian untuk total over sekitar P6 billion. Pemerintah ditunjuk bahwa sekitar 30 persen dari perusahaan-perusahaan sektor publik asli dipertahankan dan diharapkan untuk menghapuskan 20 persen lagi. Ditunjuk Pemerintah bahwa sekitar 30 persen Dari Anak-anak pajak tangguhan disektor Publik asli dipertahankan dan diharapkan untuk menghapuskan 20 Lagi persen. Ada kontroversi meluas atas kewajaran prosedur divestasi dan potensinya untuk berkontribusi pada konsentrasi yang lebih besar kekuatan ekonomi di tangan beberapa keluarga kaya. Ada kontroversi meluas tetap Permanent kewajaran Prosedur divestasi dan potensinya untuk berkontribusi PADA konsentrasi lebih Yang Besar Kekuatan Ekonomi di beberapa Tangan Keluarga kaya.


Pola Siklikal Pertumbuhan
Sejak 1960-an, ekonomi selalu diukur berdasarkan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita dengan enam siklus singkat, yang berusia dari 4 hingga 5 tahun, kecuali siklus 7 tahun untuk periode 1975 hingga 1982. Pertumbuhan ekonomi ke arah bawah selalu dihubungkan dengan pertumbuhan fiskal dan defisit pada neraca berjalan, memburuknya neraca pembayaran dan posisi cadangan devisa. Minusnya penanaman modal, pada gilirannya, secara signifikan berkaitan dengan Produk Nasional Bruto (PNB) tahun sebelumnya, depresiasi mata uang, penurunan kredit pada tingkat domestik, dan tinggginya tingkat suku bunga. Investasi semakin sedikit pada tahun menjelang pemilihan umum dan saat PDB berkurang. Peningkatan pada belanja negara dan menurunnya investasi swasta diduga menjadi perantara atau sebab-sebab yang menjerumuskan ekonomi bergerak ke bawah.
Krisis ekonomi dan politik pada 1983-85 bertindak seperti jurang yang membedakan dan membelah siklus pada periode 1960-an hingga 1982 dan periode sesudah 1985. Tanpa pertumbuhan negatif, siklus sebelumnya membuat pendapatan per kapita riil bergerak berkelanjutan ke atas, dan memuncak pada 1982. Secara kontras, siklus sejak 1986 disela oleh pertumbuhan negatif yang menahan pendapatan bergerak ke atas. Hasilnya, membutuhkan dua dekade untuk pemulihan, yang puncak pendapatan per kapitanya dicapai pada 1982. Pemulihan yang berjalan lama dan kondisi ekonomi yang tidak stabil setelah 1985 merefleksikan konflik berkepanjangan dan transisi yang dipolitisasi di antara rejim politik dan dari strategi pertumbuhan yang satu kepada yang lainnya, dan juga keterbatasan sumber daya alam dan lingkungan yang mampu dicapai oleh ekonomi.
Sebelum 1980-an, sumber daya alam dan ekspor pertanian – bersama dengan kebijakan mata uang yang overvalue (lebih murah dari sebenarnya), proteksi tarif, dan belanja pemerintah yang mendukung industri substitusi impor – menjadi mesin pertumbuhan. Walaupun demikian, sejak 1980-an strategi pertumbuhan tadi bekerja dengan amat susah. Habisnya hutan, cadangan ikan dan ketidakmampuan sektor pertanian yang terbelakang guna menyediakan makanan murah dan ekpor barang-barang baru membuat sektor pertanian dan sumber daya alam (kecuali mineral) untuk menyediakan sumber pasokan bagi pertumbuhan industri. Namun demikian, kecenderungan pemerintah bersandar pada pembelanjaan defisit dan pinjaman luar untuk mendanai investasi infrastruktur dan mencapai pertumbuhan, digabung dengan kebijakan mata uang yang overvalue, menjadi rentan atas tekanan inflasi dan secara sosial amat mahal. Maka pada awal 1980-an, strategi pertumbuhan baru menjadi penting.
Krisis ekonomi dan politik 1983 hingga 1985 dan terkurasnya sumber daya alam terjadi bersamaan dengan semakin pentingnya liberalisasi sebagai kerangka kebijakan ekonomi global. Pengambilan kerangka ini oleh pemerintah Filipina untuk memfasilitasi masuknya dana asing dan penetapan industri berorientasi ekspor menandakan pergeseran kebijakan protektif yang menjadi kecenderungan anggota parlemen dan manajer pada periode sebelum 1980-an. Bagaimana pun, hal itu menjadi pergeseran berbahaya karena kurangnya pengaturan kelembagaan yang bisa membuatnya bekerja.
Pada tahun 2006, ekonomi Filipina berkembang pada kadar 5.4%, suatu kadar yang lebih cepat berbanding kadar tahun sebelumnya. Kerajaan Filipina merancang untuk menaikkan Keluaran Dalam Negara Kasar sebanyak 7% pada tahun 2007, walalupun unjuran rasmi adalah pada sekitar 6.1%-6.7%. Ia juga bertujuan untuk menumbuhkan ekonomi sebanyak 9% pada tahun 2009 sebagai sebahagian sasaran terunjur kerajaan melalui penambahanpelaburan awam untuk menarik modal asing serta juga untuk memperbaik negara.

Pertumbuhan Didorong Jasa dalam Konteks Kerusakan Lingkungan
dan Rendahnya Kinerja Pertanian
Tidak seperti beberapa negara tetangganya, Filipina tidak mengalami satu periode pertumbuhan yang cukup lama dan cepat sejak 1970-an. Sebagai tambahan sumber ketidakstabilan makro ekonomi dan politik yang dijelaskan tadi, pertumbuhannya siklikal dan tidak stabil karena rendahnya dan tidak teraturnya pola di sektor-sektor tertentu, tidak stabilnya strategi pertumbuhan yang jelas sebelum 1980-an, dan terbatasnya strategi industri berorientasi ekspor.

Sektor jasa mengarahkan dan memberikan landasan sumber pertumbuhan yang stabil. Tetapi ketidakteraturan dan pertumbuhan minus di sektor kehutanan, perikanan, dan pabrikan, bersamaan dengan rendahnya kinerja sektor pertanian terutama tanaman perdagangan, menahan potensi pertumbuhan ekonomi. Sebagai tambahan atas tidak efisien, miskinnya kinerja sektor pertanian berkaitan dengan konversi lahan kehutanan menjadi lahan hutan yang tidak produktif, semak-semak atau pada rumput, atau tanah pertanian. Konversi ini terjadi karena ketatnya dan tidak terhalanginya kegiatan penebangan pohon, pembangunan jalan, pertambangan, pertanian di pegunungan, dan kegagalan merehabilitasi tanah di sekitar sungai yang sudah gundul. Kegiatan di datarang tinggi seperti ini memiliki dampak buruk terhadap iklim, curah hujan, aliran sungai, kapasitas memperbaiki diri perairan, stabilitas tanah, dan sedimentasi, yang berakibat perusakan irigasi dan jasa listrik tenaga air dan penurunan panen serta pendapatan.
Kerusakan lingkungan secara signifikan berhubungan dengan kemiskinan dan migrasi. Propinsi yang memiliki kehilangan hutan yang besar, proporsi lahan pertanian yang besar, dan proporsi lahan pertanian beririgasinya kecil memiliki bagian besar penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan. Kemiskiskinan atau kurangnya pertumbuhan dan kesempatan lapangan pekerjaan di sektor bukan-pertanian dan bukan-kehutanan di propinsi tersebut berkaitan dengan migrasi keluar. Dataran tinggi, daerah pantai, dan pusat kota menjadi tujuan utama bagi migran dari desa. Bagaimana pun, migrasi yang cepat dan tidak terkendali ke daerah-daerah tersebut memiliki efek merusak atas lingkungan.
Salah satu kasus yang menonjol, meningkatnya permintaan ikan dan tumbuhnya usaha perikanan baik oleh pengusaha perikanan dan meningkatnya nelayan di tingkat kabupaten mengarah pada kerusakan sumber-sumber perikanan di negeri ini dari akhir 1970-an hingga awal 1980-an. Hal ini, pada gilirannya, memperburuk tingkat kemiskinan di tingkat nelayan kabupaten yang menderita karena menurun hasil tangkapan per unit usaha (catch per unit effort, CPUE) dan adanya penggantian alat-alat komersial. Dan ketika akua kultur dan mari kultur (pemeliharaan ikan dan hasil laut lainnya) menjadi sumber pertumbuhan baru pada akhir 1990-an, ekspansinya dicegat oleh menurunnya hutan bakau, pengendapan di daerah pantai, dan polusi di danau-danau dan sungai-sungai. Tak kaget ketika kemiskinan semakin bertambah, perikanan semakin kurang, migrasi telah merubah daerah pantai menjadi daerah kemiskinan, membuatnya tidak cocok untuk jaringan pengaman informal bagi migran miskin dari pedesaan.
Pertumbuhan stabil dan sumbangan tinggi pada keluaran dari sektor jasa secara relatif terhadap pertanian dan industri pada 1990-an berarti kesempatan kerja yang besar dalam bidang ini. Kesempatan seperti tadi, bagaimana pun, terdapat terutama di Daerah Ibukota Negara, Daerah Otonom Cordillera, Tagalog Selatan, dan Visayas Tengah. Kesempatan lapangan pekerjaan juga tampaknya besar untuk perempuan, yang mendominasi komunitas, jasa pribadi dan sosial serta perdagangan kulakan dan eceran memberikan pekerjaan pada sekitar 50 persen pasar kerja perempuan.
Dengan kemapanan heterogen dan struktur mendua, sektor jasa tumbuh sebagai hasil dari aliran masuk modal asing ke dalam bank dan lembaga keuangan, kiriman uang dari luar negeri, dan pertumbuhan penduduk dan pasar di daerah perkotaan. Absennya pertumbuhan sektor pertanian dan pabrikan di pedesaan juga meningkatkan jumlah kelas menengah bawah dan migran miskin dari desa ke pusat kota, tetapi mereka juga terlalu banyak untuk dapat diserap oleh sektor formal. Maka migrasi di dalam kota menghasilkan perluasan pasar sektor informal dan pertumbuhan perkampungan miskin.
Pertumbuhan lapangan pekerjaan di sektor jasa ditandai dengan meningkatnya jumlah usaha dengan jumlah pekerja dan upah yang kecil. Hal ini merefleksikan kemudahan bagi masuknya unit usaha kecil ke dalam sektor jasa, pertumbuhan di sektor ini, dan penyesuaian pekerja menyebabkan terjadinya pengangguran dan pengangguran terselubung pada siklus periode 1990/92 hingga 1998.
Dengan berbagai kegiatan dan ukuran pengurangan unit jasa, sektor informal tampaknya bergerak ke arah proses involusi ala Geertz dengan menyerap pengangguran atau pengangguran terselubung dari komunitas besar, sehingga menjadi pelengkap bagi terbukanya kesempatan bagi sektor lain yang memang terbatas atau di beberapa bagian dari negeri ini. Migran perempuan khususnya menjadi sumber kelebihan tenaga kerja bagi ekonomi jasa di perkotaan, karena sebelumnya mereka adalah tenaga kerja yang tidak dibayar pada sektor pertanian dan bukan-pertanian.

Keadaan pertumbuhan ekonomi yang didorong sektor jasa ini memiliki beberapa keterbatasan. Sektor ini tak dapat menarik keseluruhan ekonomi. Lebih jauh lagi, karakter kantung (enclave) proses pertumbuhan membatasi kemampuan membawa lingkungan perkotaan. Karena ledakan pusat-pusat kota menarik banyak orang dan mempromosikan kegiatan ekonomi, proses ini mengharuskan konsumsi energi dan sumber air yang lebih besar serta bertumpuknya sampah. Tanpa adanya kemampuan melihat masa datang dan perlindungan yang memadai, pusat-pusat kota tersebut saat ini menghadapi pengurangan air tanah, penyurutan tanah pantai, sampah yang tak tertangani, dan polusi air serta ancaman bagi kesehatan.

Arah aliran makroekonomi

Yang berikut ialah jadual arah aliran Keluaran Dalam Negara Kasar Filipina pada harga pasaran, sebagaimana yang dianggarkan olehTabung Kewangan Antarabangsa. Semua angka adalah dalam juta peso Filipina, dengan satu peso sama dengan AS$0.78.

Tahun
Pertukaran Dolar
Amerika Syarikat
1980
243,749
7.51 peso
1985
571,883
18.60 peso
1990
1,074,510
24.32 peso
1995
1,905,951
25.23 peso
2000
3,354,727
44.19 peso
2005
5,379,251
55.08 peso
2006
6,048,297
49.28 peso
 Untuk pembandingan pariti kuasa beli, dolar Amerika Syarikat ditukarkan pada kadar 11.91 peso sahaja.


Keterbatasan Pabrikan, Investasi Asing dan Liberalisasi Perdagangan
Disayangkan, pergeseran dari proteksi industri kepada struktur yang lebih liberal – berkaitan dengan aliran investasi asing – tidak membawa perubahan keuntungan yang diharapkan pada sektor pabrikan. Saat banyak investasi asing masuk pada kimia, produk kimia, dan makanan pada awal 1990-an, dan masuk pada mesin, peralatan, perkakas dan pasokannya, serta produk mineral bukan-metal pada 1996, hal itu sama sekali tidak membuka lapangan pekerjaan atau kapasitas ekspor.
Periode dari 1982 hingga 1998 mencatatkan kenaikan bersih pekerjaan pada beberapa industri. Pekerjaan mengecil pada sektor tekstil, karet, kaca, produk kayu, dan pengolahan keramik saat industri besar dan menengah bergerak ke arah industri kecil. Namun pekerjaan tumbuh pada industri elektornik dan produk peralatan akademik dan profesional, dan pada sejumlah industri kecil seperti kulit, plastik, bukan-metal, metal pabrikan, dan mesin. Lapangan pekerjaan yang lebih banyak terdapat pada pengolahan makanan dan pakaian. Peningkatan pekerjaan tersebut, walaupun demikian, selama 16 tahun periode tidaklah signifikan. Secara rata-rata, hanya ada 30.511 tambahan pekerjaan per tahun yang mampu dibuka (atau hanya 3 persen dari 1,013 juta pekerja baru pada 1998), makanya gagal meningkatkan andil sektor ini dalam memberikan lapangan pekerjaan.
Investasi asing juga tidak memberikan sumbangan besar atas produksi ekspor dalam industri pengolahan makanan, karena lebih berorientasi pada pasar perkotaan dalam negeri. Investasi untuk produksi ekspor hanya mengalir pada industri elektronik. Bersama dengan hasil dari barang-barang kecil dan berkaitan seperti suku cadang mesin, produk elektronik mencatatkan keseluruhan peningkatan perdagangan pada 1990-an, atau hampir 70 persen dari ekspor barang-barang negara ini. Sayangnya, peran penting ekspor elektronik dalam sektor manufaktur dan skenario perdagangan hanya menyediakan sedikit keuntungan ekonomi. Membutuhkan masukan barang impor, produksi elektronik tidak menyumbangkan secara nyata pada nilai tambah dan surplus perdagangan bersih. Mengambil bentuk produksi daerah kantung (enclave), maka hampir tak berhubungan dengan ekonomi secara menyeluruh, maka hanya sedikit menyumbangkan pada pertumbuhan. Terpisah dari perhatian pada sedikitnya nilai tambah, pembukaan lapangan kerja, dan perdagangan bersih, keterlibatan perusahaan multinasional juga menyebabkan terjadinya modal keluar (capital flight) melalui ekspor dan impor yang terselubung (under-invoicing).
Keuntungan dari liberalisasi perdagangan juga amat terbatas pada sektor pertanian. Pertumbuhan impor pertanian menghasilkan tingginya perbandingan impor atas PDB dan rendahnya harga. Ketika menguntungkan konsumen, impor pertanian yang murah mempunyai efek berlawanan pada produsen. Harga beras impor yang murah juga menggerus keuntungan perbandingan (comparative advantage) negeri ini dalam produksi makanan pokok tersebut.
Terpisah dari pengangguran, liberalisasi perdagangan meningkatkan ketidaksamaan dalam sektor pertanian. Tak dapat mencapai skala ekonomi seperi pengusaha besar, petani kecil dengan akses terbatas pada kredit formal dan pasar sangat tergantung pada kreditur-pedagang (pengijon) dan seringkali dipaksa menjual komoditas dengan harga murah. Ketidaksamaan lainnya adalah mencakup perbedaan dalam akses pada hak kepemilikan, irigasi, subsidi pupuk, investasi infrastruktur, dan, baru-baru ini, volume akses minimum (Minimum Access Volume, MAV) dari dana impor. Mengandung arti jaminan sosial bagi petani kecil, penghasilan yang dikumpulkan impor MAV, menurut pengkritiknya, hanya dinikmati petani besar dan persyaratannya tak masuk akal bagi petani kecil.

Intervensi Strategis dan Tata Kelola Ekonomi
Laporan ini menyimpulkan dengan satu diskusi awal atas beberapa pilihan intervensi strategi untuk mengatasi masalah pertumbuhan yang tak berkelanjutan, kemiskinan dan kerusakan lingkungan. Dalam pengelolaan ekonomi makro, pelembagaan kerangka liberalisasi guna mengarahkan perencanaan dan kebijakan ekonomi nasional merupakan pencapaian utama pembuat kebijakan pemerintahan pusat sejak 1986. Meskipun demikian, beberapa isyu yang muncul dari struktur ekonomi dan pola investasi asing harus dikelola guna mendapatkan potensi liberalisasi.
Pengelolaan makro ekonomi yang berhati-hati, pengeluaran pemerintah yang dikendalikan, privatisasi perusahaan milik negara yang mengalami kerugian, dan reformasi lembaga politik dan kehakiman adalah prasyarat bagi tercapainya pertumbuhan yang berkelanjutan. Kondisi tersebut mengandaikan bahwa sektor pertanian dan sumber daya alam bukanlah penghalang perkembangan ekonomi. Sejak keadaan sumber daya alam dalam keadaan menyedihkan, satu kondisi yang cukup bagi pertumbuhan ekonomi adalah perbaikan kembali, pembangunan kembali dan restorasi secara menyeluruh modal alam. Upaya tersebut akan membuat ekonomi bergerak ke arah lebih jauh dari yang dicapai saat ini, yang tak mampu membuat ekonomi dalam gerak ke atas secara berkelanjutan.
Untuk ini, isyu di bawah ada baiknya diperhatikan:
  • lemahnya inventarisasi sumber daya yang mengalami kerusakan dan tidak adanya tanda dari pasar yang mampu mengindikasikan adanya kerusakan awal;
  • lemahnya keinginan negeri ini untuk menilai keadaan lingkungan secara ilmiah dan mengubahnya guna mengurangi pengaruh kekeringan, banjir, dan perubahan iklim global di tingkat lokal;
  • Tidak adanya hubungan sistematis antara penyedia sumber daya alam dan pemakainya, standar penyediaan jasa, dan pengaturan kelembagan/kesepakatan pengelolaan sumber daya pada pembayaran, kompensasi dan perantaraan.
Setidaknya ada dua kondisi yang harus dicukupi guna menjamin pertumbuhan yang keberlanjutan. Yang pertama adalah hubungan proaktif antara basis sumber daya alam/pertanian dan pabrikan melalui pengembangan industri skala kecil dan menengah yang berorientasi ekspor. Yang kedua adalah menghancurkan siklus kemiskinan dengan cara berinvestasi pada manusia (human capital) – dengan kata lain, menghindari reproduksi kemiskinan dengan cara memberikan pendidikan pada anak muda dari kelompok miskin.
Intervensi strategis tersebut mensyaratkan negara yang kuat dan berorientasi pasar yang mampu mengarahkan dan mengimplementasikan reformasi kelembagaan untuk membahas isyu mulai dari korupsi dan birokrasi yang lemah hingga pada perlunya tata kelola ekonomi yang partisipatori. Menyadari ketidakcukupan kebijakan berorientasi pasar tanpa transformasi kelembagaan, periset telah menghasilkan sejumlah studi lokal atas birokrasi, khususnya korupsi dan memperkirakan biayanya terhadap ekonomi. Namun demikian, sangat sedikit yang ditulis mengenai tata kelola ekonomi.

Sebagai bentuk pengelolaan-bersama atau pengambilan-keputusan partisipatori, tata kelola ekonomi mengimplikasikan pengelolaan kelompok atas sumber daya ekonomi mulai dari sumber daya alam, lingkungan dan sumber-sumber penghasilan lainnya (pendapatan pajak, pendapatan perusahaan negara, dan hutang publik) hingga penyebaran keuntungannya. Semua pihak yang berkepentingan (stakeholders) secara kolektif – bukan hanya pemerintah – harus menghadapi perubahan besar yang mencakup pencapaian keberlanjutan ekonomi di tengah adanya kerusakan lingkungan, peningkatan kesejahteraan rakyat untuk sekarang dan masa depan di tengah kemiskinan dan pertumbuhan yang berusia singkat, dan pembahasan langkah-langkah penting. Langkah-langkah penting tersebut banyak, termasuk ketidakstabilan keuangan yang muncul dari pergerakan portofolio modal jangka pendek, hambatan hutang, dan lemahnya kewirausahaan (entrepreneurship) di tingkat lokal dan menurunnya daya saing.
Tata kelola ekonomi amat sulit dibangun. Itu memerlukan kesepakatan atas keberadaan dan nilai sumber daya – tujuan ekonomi dan sosial secara eksplisit harus direalisasikan pada alokasi dan penggunaan sumber daya, termasuk juga norma dan mekanisme pengambilan keputusan untuk menentukan prioritas dan pemakaian alternatif. Untuk menggambarkan: pemakaian sumber negara, penerimaan pemerintah dan tabungan, dana pinjaman, sewa, dan surplus, mungkin ada beberapa pilihan seperti di bawah:
  • pemakaian sumber-sumber luar untuk mendanai investasi ketimbang konsumsi, atau investasi jangka panjang ketimbang jangka pendek dan pertumbuhan konsumsi;
  • promosi untuk mencapai pertumbuhan ekspor yang mampu melewati pertumbuhan impor;
  • penolakan hutang jangka pendek sebagai sumber dana;
  • peningkatan pada kemampuan negara untuk membayar kewajiban luar;
  • mengutamakan keuntungan bagi kelompok besar ketimbang sejumlah kecil orang;
  • program dan proyek yang membahas kemiskinan yang kronis dan bersifat antar-generasi (pendidikan kepada orang miskin).
Dengan berorientasi pada tujuan sosial, tata kelola ekonomi membutuhkan sistem monitor untuk membuktikan apakah tujuan strategis dan di depan mata dapat dicapai, dan mekanisme yang menyediakan insentif dan membuat pergerakannya kearah realisasi yang diinginkan. Bagaimana pun, mekanisme untuk mendefinisikan hak dan tugas pemegang kepentingan dan untuk mengatasi konflik di antara mereka juga harus ada.
Laporan ini diakhiri dengan gambaran nyata mengenai tata kelola ekonomi dalam pengelolaan di daerah perbatasan. Ini memungkinkan bukan hanya merajut pentingnya pasar, lingkungan, negara, dan demokratisasi, tetapi juga memungkinkan penilaian ini diakhiri dengan catatan yang memberikan harapan.

Sektor

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/17/Rice_Terraces_Banaue.jpg/300px-Rice_Terraces_Banaue.jpg
Sawah merupakan suatu pemandangan yang biasa di Filipina, dengan beras merupakan eksport pertaniannya yang terbesar.
Pengeluaran perindustrian tertumpu kepada operasi-operasi pemprosesan dan pemasangan seperti yang berikut: makanan, minuman, tembakau, keluaran-keluaran getah, tekstil, pakaian dan kasut, bahan farmaseutik, cat, papan lapis danvenir, kertas dan keluaran kertas, perkakas kecil, serta elektronik. Industri-industri yang lebih berat dikuasai oleh pengeluaran simen, kaca, bahan kimia perindustrian,baja, besi dan keluli, serta keluaran petroleum tertapis.
Sektor perindustrian tertumpu di kawasan-kawasan bandar, khususnya di kawasan metropolitan Manila dan hanya mempunyai hubungan-hubungan yang lemah dengan ekonomi luar bandar. Infrastruktur, pengangkutan, dan komunikasi yang tidak sempurna telah menghalang pertumbuhan perindustrian yang lebih cepat setakat ini.

Pertanian

Filipina kini merupakan tuan rumah untuk Institut Penyelidikan Padi Antarabangsa(IRRI) yang mengkaji kelainan-kelainan padi berhasil tinggi. Ia telah memainkan peranan yang utama dalam Revolusi Hijau dan dapat menambahkan hasil padi dan pengeluaran beras semasa dekad 1970-an. 
Kereta
Sistem Brek Cegah Kunci (ABS) yang digunakan oleh kereta-kereta Mercedes-Benz, BMW, dan Volvo dibuat di Filipina. Dengan ihsanSyarikat Motor Ford, tahun 2005 merupakan tahun pertama yang negara Filipina mengeksport kereta pada jumlah yang besar,

Elektronik

Intel telah berada di Filipina selama 28 tahun sebagai pengeluar utama keluaran-keluaran termaju Intel, termasuk pemproses Pentium 4. Sebuah kilang Texas Instruments di Baguio telah beroperasi selama 20 tahun dan merupakan pengeluar terbesar cip DSP di dunia. . Kilang Texas Instruments di Baguio mengeluarkan kesemua cip yang digunakan oleh telefon bimbit Nokia, serta 80% daripada semua cip yang digunakan oleh telefon bimbit Ericsson di dunia. Sehingga tahun 2005, komputer riba Toshiba dikeluarkan di Santa Rosa, Laguna, tetapi tumpuan kilang tersebut pada masa ini ialah pengeluaran cakera keras.

Perisian

Salah satu syarikat perisian yang ditubuhkan di Filipina ialah Trend Micro, pembuat perisian anti virus dengan PC-Cillin sebagai keluaran utamanya. Syarikat itu berpusat di Bandaraya Eastwood, Libis, Bandaraya Quezon 

Penggunaan sumber luar

Sebahagian besar daripada sepuluh syarikat sumber luar proses perniagaan yang terbesar di Amerika Syarikat beroperasi di Filipina. Jumlah pekerjaan dalam industri ini bertumbuh sehingga 100,000, dengan jumlah hasilnya mencapai AS$960 juta pada tahun 2005.

penambangan

Filipina kaya dengan galian-galian serta sumber-sumber tenaga terma. Ia mengeluarkan elektrik berasaskan sumber geoterma sebanyak 1931 MW (27% daripada pengeluaran elektrik), dan merupakan pengeluar elektrik geoterma yang kedua terbesar di dunia selepas Amerika Syarikat. [7] Penemuan simpanan gas asli baru-baru ini di Medan Malampaya, berhampiran dengan pulau Palawan, telah dipergunakan oleh tiga buah loji berkuasa gas untuk menjanakan elektrik.
Lapisan-lapisan emas, nikel, tembaga, dan kromit adalah antara lapisan-lapisan terbesar di dunia. Galian-galiannya yang lain termasuklogam perak, batu arang, gipsum, dan sulfur. Filipina juga mempunyai mendapan-mendapan tanah liat, batu kapur, marmar, silika, dan fosfat. Lebih kurang 60% daripada jumlah pengeluaran pelombongan terdiri daripada galian-galian bukan logam yang memberikan sumbangan yang penting kepada pertumbuhan pengeluaran yang tetap antara tahun 1993 hingga tahun 1998, dengan nilai pengeluaran bertumbuh sebanyak 58%. Bagaimanapun pada tahun 1999, pengeluaran galian merosot sebanyak 16% sehingga AS$793 juta. Eksport galian umumnya telah menjadi lembap sejak tahun 1996. Berpuncakan katod tembaga, eksport galian Filipina yang bernilai AS$650 juta pada tahun 2000 hampir tidak mencapai tingkat tahun 1999. Harga logam yang rendah, kos pengeluaran yang tinggi, kekurangan pelaburan dalam infrastruktur, serta cabaran terhadap sebuah undang-undang pelombongan yang baru telah mengakibatkan kemerosotan industri pelombongan pada seluruhannya.
Industri pelombongan Filipina berbalik mulai dari akhir tahun 2004 ketika Mahkamah Agung memutuskan bahawa sebuah undang-undang yang membenarkan pemilikan asing sepenuhnya syarikat-syarikat pelombongan Filipina adalah sah di sisi perlembagaan.
Jabatan Alam Sekitar dan Sumber Semula Jadi (DENR) tidak berupaya menangani minat pelombongan yang baru. Adanya beberapa syarikat di bawah Pelombongan Skala Kecil (SSM) yang sepatutnya dikelaskan dan dicukai di bawah undang-undang pelombongan skala besar. DENR kini sedang mengambil masa untuk memaklumkan syarikat-syarikat tersebut bahawa mereka telah mencabuli undang-undang SSM dengan melombong melebihi 50,000 tan bijih setiap tahun.

DENR masih belum meluluskan pindaan Perintah Pentadbiran Jabatan (DAO) yang akan membekalkan Peraturan Pelaksanaan untuk Perjanjian Bantuan Teknik (FTAA), bahagian khusus Akta Pelombongan 1994 yang membenarkan pemilikan asing sepenuhnya lombong-lombong Filipina. DAO 99-56 terkini adalah tidak sempurna kerana ia mengelirukan serta terdedah kepada penyalahgunaan.

Kemiskinan dan Keterbatasan Upaya Penghapusan Kemiskinan
Dengan sejarah pertumbuhan dan penurunan dari sektor dan industri tertentu, beberapa kelompok atau kelompok rumah tangga mengalami pemindahan dan pengasingan atau tak dapat mendapatkan pekerjaan. Lebih dari pengalaman itu juga muncul kelompok yang dapat diidentifikasi sebagai orang yang paling miskin:
  • komunitas asli di dataran tinggi yang dipaksa masuk ke padalaman oleh pengusaha hutan, pertambangan, dan migran dari dataran rendah;
  • bekas pekerja perusahaan konsesi penebangan yang tinggal di dataran tinggi sebagai produsen subsistense;
  • nelayan tingkat kabupaten yang CPUE-nya menurun atau dipindahkan paksa oleh pengusaha perikanan dari daerah tangkapan tradisionalnya dan tak dapat menemukan atau pindah ke daerah tangkapan yang lebih baik.
  • petani dan pekerja bukan-petani yang dipindahkan dari sektor atau industri yang menurun secara ekonomi (seperti gula, kayu) yang berpindah ke dataran tinggi atau daerah pantai.
  • rumah tangga petani di daerah atau region yang pertaniannya tertinggal dan seringkali terkena kekeringan atau bencana alam atau perubahan cuaca.
  • petani dan dan pekerja pertanian di daerah tanpa air yang cukup dan sistim irigasi baik atau tempat yang produksi pertaniannya menurun
  • pekerja tak memiliki tanah yang berpindah ke daerah pantai, kota, atau kota besar dan tidak bekerja atau menjadi pengangguran terselubung pada sektor informal
  • pekerja yang diberhentikan tetap.
Besarnya (26,7 juta orang) dan penyebaran kelompok tersebut dihitung berdasarkan jumlah penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan pada 1997, perkiraan populasi berdasarkan kelompok yang dapat diketahui dalam tahun tertentu, dan tingkat pertumbuhan penduduk nasional. Proporsi kelompok miskin yang ditemukan di pedesaan mungkin lebih dari 61 persen karena angka-angka ini tidak mencakup petani kecil di daerah yang tak mendapatkan irigasi dan daerah rentan yang diklasifikasi ‘tidak dihitung’. Perkiraan dari kelompok sisa ini berkisar antara 1 hingga 2 persen, tergantung dari proporsi daerah miskin kota yang dipakai (26 atau 23 persen). Juga dapat dicatat bahwa korban dari siklus pertumbuhan dalam sektor formal adalah di antara kelompok miskin hanya mencapai 1,3 persen.
Dihadapkan dengan masalah kemiskinan, pemerintah pusat menetapkan agenda pengentasan kemiskinan dan mengimplementasikan melalui Kerjasama Kesepakatan Pengentasan Kemiskinan (KKPK) dengan Bank Pembangunan Asia. Bagaimana pun juga, beberapa tujuan tahun 2002 tidak tercapai. Kinerja ini tak begitu baik terjadi pada: defisit anggaran pemerintah nasional; pengeluaran pemerintah pusat dalam jasa sosial; distribusi tanah berdasarkan (Comprehensive Agrarian Reform Program); tingkat keikutsertaan pendidikan menengah pertama; pengumpulan dari Biro Penghasilan Intern (BIR); upaya pajak BIR; dan penghasilan pajak.

Pengangkutan

Penduduk-penduduk Filipina menggunakan kereta, kapal, kapal terbang, kereta api, basikal tiga roda, dan sebagainya untuk pengangkutan.

Statistik

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/ms/thumb/9/96/Philippines_poverty.png/250px-Philippines_poverty.png
Peratusan jumlah penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan pada tahun 2003, mengikut provinsi. Provinsi-provinsi dengan warna lebih tua mempunyai lebih banyak orang di bawah garis kemiskinan.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/9c/Puhagan_geothermal_plant.jpg/250px-Puhagan_geothermal_plant.jpg
Stesen kuasa geoterma di Negros Oriental.
§  KDNK: pariti kuasa beli - $430.6 bilion (anggaran 2004)
§  KDNK - kadar pertumbuhan sebenar: 6.1% (anggaran 2004)
§  KDNK - per kapita: parti kuasa beli - $5,100 (anggaran 2005)
§  KDNK - kandungan mengikut sektor:
pertanian: 14.5%
industri: 32.3%
perkhidmatan: 53.2% (anggaran 2003)
§  Jumlah penduduk di bawah garis kemiskinan: 24.7% (anggaran 2003)
§  Pendapatan atau penggunaan isi rumah mengikut bahagian peratusan:
10% terendah: 1.7%
10% tertinggi: 38.4% (2000)
§  Kadar inflasi (harga pengguna): 3.9% (Januari 2007)
§  Tenaga buruh: 34.56 juta (2003)
§  Tenaga buruh mengikut pekerjaan: (anggaran 2003)
pertanian: 45%
industri: 15%
perkhidmatan: 40%
§  Kadar pengangguran: 7.3% (Oktober 2006)
§  Belanjawan:
hasil: $11.56 bilion
perbelanjaan: $15.25 bilion, termasuk perbelanjaan modal sebanyak $2.4 juta (2003)
§  Kadar pertumbuhan pengeluaran perindustrian: -0.1% (anggaran 2003)
§  Pengeluaran elektrik: 45,21 GWh (2001)
§  Pengeluaran elektrik mengikut sumber:
hidro: 10.75%
nuklear: 0%
geoterma: 19.13% (1998)
§  Elektrik - penggunaan: 42,040 GWh (2001)
§  Elektrik - eksport: 0 kWh (2001)
§  Elektrik - import: 0 kWh (2001)
§  Pertanian - keluaran: beras, kelapa (kopra), jagung, tebu, pisangs, nanas, mangga;daging babi, telur, daging lebuh; ikan
§  Eksport: $3.681 bilion (2006)
§  Komoditi eksport: pelengkapan elektronik, jentera dan kelengkapan pengangkutan, pakaian, keluaran kelapa, bahan kimia.
§  Eksport - rakan-rakan: Amerika Syarikat 20.1%, Jepun 15.9%, Hong Kong 8.5%, Belanda 8.1%, Taiwan 6.9%, Malaysia 6.8%,Singapura 6.7%, China 5.9% (2003)
§  Import: $4.508 bilion (2006)
§  Import - komoditi: bahan mentah dan barang perantaraan, barang modal, barang pengguna, bahan api
§  Import - rakan-rakan: Jepun 20.4%, Amerika Syarikat 19.8%, Singapura 6.8%, Korea Selatan 6.4%, Taiwan 5%, China 4.8%, Hong Kong 4.3% (2003)
§  Hutang - luar: $56.16 bilion (2003)
§  Bantuan ekonomi - penerima: tanggungan ODA, $1.2 bilion (2002)
§  Mata wang: 1 peso Filipina (P) = 100 centavosKadar pertukaran: Peso Filipina (P) per AS$1 = 49.28 (2006), 53.10 (2005), 56.052 (2004)54.2(2003),40.427 (Januari 2000), 39.089 (1999), 40.893 (1998), 29.471 (1997), 26.216 (1996), 25.714 (1995)















DAFTAR PUSTAKA

historycentral.com/nationbynation/Philippines/Economy.html
Ronald E. Dolan, ed:. Philipina Studi Negara. Washington: GPO for the Library of Congress, 1991. Washington: GPO untuk Library of Congress, 1991.
SUMBER: The World Factbook CIA, US Department of State, Area Handbook dari US Library of Congress



66 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  2. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly
    KellyWoodLoanFirmLTD
    (Kellywoodloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  3. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  4. hari baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Ibu aisha bukafia, silakan, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya benar di sini pada platform ini untuk semua warga negara Indonesia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah memiliki trully mendukung saya melalui ibu yang baik Mrs. Emiliana

     Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp15.000.000, dengan seorang wanita di arab saudi.

    saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian intorduce saya untuk Ibu Emiliana, yang merupakan pemilik dari sebuah organisasi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk menerapkan dari Ibu Emiliana, jadi saya summorned keberanian dan menghubungi Mrs. Emiliana.

    Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman Rp400,000,000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan agunan dan jaminan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa account saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp400,000,000. Saya sangat senang bahwa akhirnya Allah telah menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Allah memberkati Ibu Emiliana untuk membuat kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk silakan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson11@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua untuk meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup sejati saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    satu lagi nama saya mrs aisha bukafia, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: mrsaishabukafia@gmail.com

    BalasHapus
  5. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  6. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  7. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  8. Saya lian she tinggal di Rejosari 008/005, Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, senang anounce kepada dunia bahwa saya mendapat nilai pinjaman saya sebesar Rp 380.000.000 juta dari (anthony.yulianalenders@gmail.comi) setelah beeing scammer 15.nillion oleh beberapa kreditur palsu, silahkan bagi anda yang mencari untuk pinjaman harus sangat berhati-hati karena ada pemberi pinjaman palsu di mana-mana, terima kasih mungkin allah memberkati Anda semua, emial saya adalah (lianshe4@gmail.com)

    BalasHapus
  9. Salam pembuka!
    Nama saya Oche Wirmayaty, saya berasal dari Indonesia, tolong dengarkan, beberapa kreditur di sini tidak mau membantu Anda, yang mereka inginkan hanyalah merobek uang hasil jerih payah Anda. Saya dan suami saya, mencari pinjaman dari kreditur yang berbeda secara online namun pada akhirnya, kami menipu dan merobek uang kami dengan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda secara online.
    Kami bahkan meminjam uang untuk membayar kreditur ini secara online tapi pada akhirnya, kami tidak mendapatkan apa-apa.
    Suami saya dan saya berhutang, dan kami tidak meminta bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi biaya harian sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Glory pinjaman perusahaan, yang telah membantu kami dengan menawarkan kepada kami. Jumlah pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta tanpa agunan.
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana menghubungi Mrs. Glory atau mengikuti prosedur pemberian pinjamannya, hubungi saya melalui email saya: aisyahyu7@gmail.com
    Atau Anda bisa mengirim email ke Ibu Glory ke: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  12. Halo Semua, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua orang Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu dan fraudstars banyak kreditur kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang asli dan nyata,

    Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar (Rp800.000.000) dengan tingkat bunga 2% rendah, tidak peduli berapa usiaku, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin saran semua orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com

    BalasHapus
  13. Adakah anda memerlukan pinjaman untuk sebenar? Adakah anda pernah ditolak oleh mana-mana pertubuhan kewangan, bank dan perusahaan kewangan lain? Jika ya, bimbang tidak lagi kerana syarikat pinjaman @ ROSSA STANLEY, kami adalah syarikat kewangan yang berpengalaman yang menyediakan pinjaman korporat, kepada badan korporat.farmer, kontraktor dan orang awam pada kadar faedah sebanyak 2%. Kami mempunyai akses kepada kumpulan tunai untuk memberi kepada syarikat dan mereka yang mempunyai rancangan untuk memulakan perniagaan tidak kira betapa kecil.Kami yakin bahawa kebajikan dan keselesaan anda adalah keutamaan kami yang optimum, mengapa kami berada di sini untuk menjaga pemprosesan pinjaman anda . Berhubung dengan perkhidmatan pelanggan kami

      E-mel: Rossastanleyloancompany@gmail.com
      Viber: +15186756750
      Instagram: Rossamikefavor
      Twitter: Rossastanlyloan

      Untuk tindak balas yang cepat dan pantas ....
     
    Sila isi borang permohonan di bawah:

                                                       DATA PEMOHON:

    1. Nama
    2. negara
    3. Alamat
    4. Jantina
    5. Kerja
    6. Jawatan di tempat kerja
    7. Pendapatan bulanan
    8. Jumlah pinjaman yang diperlukan
    9. Tempoh pinjaman
    10. Agama
    11. Pernahkah anda memohon sebelum dan ditolak? Jika ya
    12. jika anda telah ditolak berikan alasan .............................. .......... ..
         ............................. ..................... ..........
         ............................. ..................... ..........
         ............................. ..................... ..........
         ............................. ..................... ..........
     
     
     
                                         Kami berada di sini untuk keperluan kewangan anda

    BalasHapus
  14. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp700,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 27 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 27 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY. Saya kehilangan jumlah 13 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan
    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (lianmeylady@gmail.com)

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan.

    BalasHapus
  15. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  16. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  17. Kabar baik!!! Perusahaan pinjaman

    Nama saya nirma sufitra, hanya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu siapa pun yang membaca ini bahwa ada perusahaan pinjaman yang nyata dan mereka ada di sini untuk membantu, karena saya adalah korban tertipu namun terima kasih kepada Dangote Loan Company, mereka memberikan pinjaman dengan 2% tingkat bunga dan memberi Anda jumlah apapun, jadi hubungi Dangote Loan Company Via email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    atau hubungi saya melalui email nirmasufitra12@gmail.com

    BalasHapus
  18. KABAR BAIK! KABAR BAIK!

    Untuk mengenalkan diri dengan benar,
    Ibu saya SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

    Saya adalah pemberi pinjaman swasta, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
    Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:
    Susanbowmanloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  19. Kabar baik!! pencari pinjaman !!!

    Nama saya Alfred Daniel Nehemia dari bali Indonesia, roti CEO Daniel di Malaysia, Pertama-tama saya akan mengatakan bahwa Tuhan harus memberkati wanita jane karena mengenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang jujur ​​dan halal sehingga saya benar-benar percaya bahwa Anda memberi tahu rekan kerja yang saya miliki Ide bagus untuk memulai bisnis tunggal saya sendiri karena mendapat pekerjaan tidak mudah jadi saya pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman (Rp800 juta) tapi mereka semua meminta uang muka setara dengan jumlah pinjaman saya tapi satu-satunya properti yang saya miliki adalah motor saya, yang membuat saya merasa kecewa

    Jadi saya mencari perusahaan pinjaman online tapi kebanyakan curang dan curang, saya hampir kehilangan harapan dan kepercayaan diri sampai saya membaca artikel tentang lady jane tapi saya tidak sempat menutup tapi membaca artikelnya jadi saya mencoba pencarian online lain yang disebut craigslist. org dimana saya melihat iklan perusahaan Dangote Loan jadi saya memutuskan untuk melamar dan menghubungi lady jane juga

    Dangote Loan Company memberikan pinjaman dengan suku bunga 2% dan tidak kurang dari Rp20 juta

    Saya mengikuti prosedur di sana, memberikan semua yang diminta, saya juga sangat takut, tapi untuk kemuliaan tuhan, doa saya dijawab dan uang pinjaman saya ditransfer kepada saya tanpa masalah.

    jadi jangan buang waktu anda kontak Dangote perusahaan pinjaman Via dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Anda juga bisa mencari di google untuk informasi lebih lanjut, ini nyata dan sangat nyata atau hubungi saya juga melalui email di alfreddaniel324@gmail.com dan juga di BBM: 7AEA8FA5

    BalasHapus
  20. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  21. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Suzan, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp500,000,000 (500 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: Suzaninvestment@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: Amisha1213@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: Lukman.karina@yahoo.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  22. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Suzan, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp500,000,000 (500 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: Suzaninvestment@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: Amisha1213@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: Lukman.karina@yahoo.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  23. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  24. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  25. Apakah anda tertarik dengan pinjaman? Kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami 2% per tahun Kami juga memberikan nasihat keuangan kepada klien kami Jika Anda memiliki proyek bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya dengan segera, kita bisa membicarakannya, menandatangani kontrak dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda Hubungi kami hari ini untuk semua.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hybrid.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.

    Sebagai bisnis pribadi Anda bisa melamar dalam mata uang yang Anda inginkan.

    Kebutuhan finansial Anda Hubungi kami via Email:
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Twitter: rikadiananderso
    Instagram: rikaandersonloancompany
    Watsapp: +19147057484

    BalasHapus
  26. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  27. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  28. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  29. Hello my name is KEZIA ARJUNA, please I want you all to be careful on the internet. I would advise you not to apply for a loan on the internet because not all of them are real, they are a scam, they will ask you to send money for registration, transfers, insurance fees and still you will not get your loan, they are all thieves. I have been a victim in 3 different lenders here and I sent a huge amount of money because I really wanted to get this loan and I was trusted as the first time, but I could not get a loan from them. must be very careful so that you will not be fooled like me, if you really want to apply on the internet, there is only one of my credit lenders who I believe so much because after I tried several places and I was fooled, I was so much in pain because I have a lot of debt to pay, so my friend at the office helped me out to find a real and legitimate loan company and we found a new loan lender KATHLEEN BRIAN, and we were implemented in the company, so there was a friend who helped me to follow all the rules and regulations and to God be the glory I got a loan from the company about 420 million. so if you need a loan you must contact KATHLEEN BRIAN and follow the rules and regulations and I assure you that you will get your loan in less than 24 hours without pressure or stress at an interest rate of 2%, you can reach him via this email address kathleenloancompany1@gmail.com. Please You can still contact me at my email for more information keziaarjuna@gmail.com

    BalasHapus
  30. Hello my name is KEZIA ARJUNA, please I want you all to be careful on the internet. I would advise you not to apply for a loan on the internet because not all of them are real, they are a scam, they will ask you to send money for registration, transfers, insurance fees and still you will not get your loan, they are all thieves. I have been a victim in 3 different lenders here and I sent a huge amount of money because I really wanted to get this loan and I was trusted as the first time, but I could not get a loan from them. must be very careful so that you will not be fooled like me, if you really want to apply on the internet, there is only one of my credit lenders who I believe so much because after I tried several places and I was fooled, I was so much in pain because I have a lot of debt to pay, so my friend at the office helped me out to find a real and legitimate loan company and we found a new loan lender KATHLEEN BRIAN, and we were implemented in the company, so there was a friend who helped me to follow all the rules and regulations and to God be the glory I got a loan from the company about 420 million. so if you need a loan you must contact KATHLEEN BRIAN and follow the rules and regulations and I assure you that you will get your loan in less than 24 hours without pressure or stress at an interest rate of 2%, you can reach him via this email address kathleenloancompany1@gmail.com. Please You can still contact me at my email for more information keziaarjuna@gmail.com

    BalasHapus
  31. Halo namaku KEZIA ARJUNA, tolong saya ingin kamu semua berhati-hati di internet. Saya akan menasihatkan anda supaya tidak memohon pinjaman di internet kerana tidak semuanya adalah benar, mereka adalah penipuan, mereka akan meminta anda untuk menghantar wang untuk pendaftaran, pemindahan, yuran insurans dan masih anda tidak akan mendapatkan pinjaman anda, mereka adalah semua pencuri. Saya telah menjadi mangsa dalam 3 pemberi pinjaman yang berbeza di sini dan saya menghantar sejumlah besar wang kerana saya benar-benar mahu mendapatkan pinjaman ini dan saya dipercayai sebagai kali pertama, tetapi saya tidak dapat mendapatkan pinjaman daripada mereka. mesti sangat berhati-hati supaya anda tidak akan tertipu seperti saya, jika anda benar-benar mahu memohon di internet, hanya ada satu pemberi kredit saya yang saya percaya kerana selepas saya mencuba beberapa tempat dan saya tertipu, saya begitu banyak kesakitan kerana saya mempunyai banyak hutang untuk membayar, jadi rakan saya di pejabat membantu saya mencari syarikat pinjaman yang sah dan sah dan kami menemui peminjam pinjaman baru KATHLEEN BRIAN, dan kami telah dilaksanakan di syarikat itu, jadi ada kawan yang membantu saya mengikuti semua peraturan dan peraturan dan kepada Tuhan menjadi kemuliaan saya mendapat pinjaman dari syarikat sekitar 420 juta. jadi jika anda memerlukan pinjaman, anda mesti menghubungi KATHLEEN BRIAN dan ikut peraturan dan peraturan dan saya memberi jaminan bahawa anda akan mendapat pinjaman anda dalam masa kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada kadar faedah sebanyak 2%, anda boleh menghubunginya melalui alamat e-mel kathleenloancompany1@gmail.com. Tolong Anda masih boleh menghubungi saya di e-mel saya untuk maklumat lanjut keziaarjuna@gmail.com

    BalasHapus
  32. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  33. BERITA BAIK!!!Nama saya Ratih Wahyu, saya ingin berkongsi kesaksian saya di sini di platform ini untuk semua rakyat Indonesia dan seluruh Asia berhati-hati dengan peminjam internet, Tuhan telah menyokong saya melalui Puan Kathleen Brian yang baik ibu.Selepas beberapa tempoh cuba mendapatkan pinjaman daripada institusi kewangan, dan enggan meneruskan, jadi saya memutuskan untuk mendaftar pinjaman dalam talian tetapi saya tertipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeza.Saya menjadi sangat terdesak untuk mendapatkan pinjaman, jadi saya bercakap dengan rakan saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Mrs Kathleen, yang merupakan pemilik syarikat pinjaman global. Rakan saya meminta saya memohon dari Puan Kathleen, jadi saya mengumpul keberanian dan menghubunginya.Saya memohon pinjaman sebanyak Rp500, 000,000 dengan kadar faedah 2%, jadi pinjaman itu mudah disepakati tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan atas pemindahan kredit, karena fakta bahwa ia tidak memerlukan cagaran dan jaminan untuk mentransfer pinjaman Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sijil lesen permohonan mereka untuk memindahkan kredit saya dan dalam masa kurang dari dua jam wang pinjaman telah dimasukkan ke dalam akaun bank saya.Saya fikir ia adalah satu jenaka sehingga saya menerima panggilan dari bank saya bahawa akaun saya dikreditkan dengan jumlah wang tunai Rp500.000.000. Saya sangat gembira bahawa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memerintahkan pinjaman saya dengan pinjaman asal saya, yang telah memberikan saya keinginan hati saya.Mereka juga mempunyai satu pasukan pakar yang akan menasihatkan anda mengenai jenis perniagaan yang anda ingin melabur dan bagaimana untuk melabur wang anda, jadi anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup anda.Semoga Tuhan memberkati ibu Kathleen untuk membuat hidup mudah bagi saya, jadi saya menasihati sesiapa yang berminat untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Puan Kathleen melalui e-mel: kathleenloancompany1@gmail.com dan WhatsApp Only: {+12093480782} untuk pinjaman anda.Anda juga boleh menghubungi saya di e-mel saya: ratihwahy@gmail.com dan Kezia yang memperkenalkan dan memberitahu saya tentang Puan Kathleen juga mendapat pinjaman baru dari syarikat itu. Anda boleh menghubungi Kezia melalui e-melnya: keziaarjuna@gmail.com.Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada anda semua untuk meluangkan masa untuk membaca kesaksian sebenar hidup saya mengenai kejayaan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup anda.

    BalasHapus
  34. Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau Apakah Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai Skala Kecil dan bisnis menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda kesulitan mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya ?. Pelamar yang tertarik harus Menghubungi kami melalui email: BBM INVITE: {D8980E0B}
    Hanya WhatsApp: {+ 33753893351}
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  35. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini, renovasi rumah Anda dan kami juga memberikan pinjaman BITCOIN dengan suku bunga sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  36. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN PINJAMAN ASLI YANG TERJANGKAU HARI INI?

    Apakah Anda mencari pinjaman asli? Apakah Anda berhutang dan membutuhkan uang untuk melunasi tagihan Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis baru atau meningkatkan bisnis Anda? apakah Anda memerlukan pinjaman untuk membeli mobil atau rumah? apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena pendanaan yang tidak memadai? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan layanan modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman investasi untuk berinvestasi di area tertentu spesialisasi, Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! hubungi saya melalui email; (fariamichael67@gmail.com) atau Whatsapp: + 1-810-214-0980

    Kami telah menyediakan lebih dari $ 1 Miliar dalam pinjaman bisnis untuk lebih dari 13.000 pemilik bisnis seperti Anda. Kami menggunakan teknologi risiko kami sendiri yang ditunjuk untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis Anda. Layanan kami cepat dan dapat diandalkan, pinjaman disetujui dalam waktu 24 jam setelah aplikasi berhasil.

    Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam jumlah berapa pun yang Anda butuhkan dengan tingkat bunga 2% yang terjangkau. Modal dan proses pinjaman kami dijamin dan dijamin 100%, kebahagiaan pelanggan kami adalah kekuatan kami, kami adalah perusahaan pinjaman yang memiliki reputasi baik, sah, dan terakreditasi. Kami meminjamkan kepada individu dan perusahaan yang membutuhkan bantuan uang tunai.
    Jadi silakan hubungi kami hari ini melalui email di; (fariamichael67@gmail.com)
    Whatsapp: + 1-810-214-0980

    BalasHapus
  37. Nama saya Siti kebanyakan orang memanggil saya mama jeffeby karena anak saya sangat tampan juga orang mengenal saya sebagai wanita yang sangat pekerja keras
    apakah Anda pernah menerima email atau melamar perusahaan pinjaman dari email orang asing yang menjanjikan Anda jutaan dolar pinjaman? - Anda harus menghapusnya, karena itu adalah paket kebohongan.

    Namun, beberapa orang menjawabnya, dan mereka segera mengetahui bahwa mereka harus membayar sejumlah biaya untuk mendapatkan jutaan. Kemudian datang biaya kedua, dan biaya ketiga, dll. Tidak ada yang pernah menerima jumlah pinjaman jutaan, tetapi banyak yang kehilangan banyak uang, dan beberapa bahkan terbunuh.

    Ini disebut "Penipuan Uang Muka" telah menjadi industri di Nigeria, dan negara-negara sekitarnya. Nama umum lainnya adalah "419 penipuan" setelah Bagian 419 dari KUHP Nigeria, bagian yang secara khusus melarang jenis kejahatan ini.

    Penipuan itu sulit untuk dihentikan, tetapi kita bisa bersenang-senang, dan membiarkan penjahat menggunakan waktu mereka dengan sia-sia. Itu disebut scambaiting.

    Saya beberapa minggu yang lalu saya ditipu oleh perusahaan pinjaman online saya mentransfer banyak biaya ke Nigeria karena saya sedang mencari pinjaman dalam jumlah besar pinjaman di internal saya sangat tertipu dan ditipu untuk begitu banyak perusahaan pinjaman

    Tapi saya sangat terkejut saya bertemu teman saya yang mengumpulkan pinjaman dari pada perusahaan kepercayaan juga dikenal sebagai Bunda Christabel Missan tolong jika ada yang membutuhkan pinjaman mendesak silakan hubungi ibu melalui email: christabelloancompany@gmail.com
    dan Anda masih dapat menghubungi nomor whatsApp ibu +15614916019
    Anda juga dapat menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya ke Christabel Missan aishanaylad@gmail.com

    Dengan informasi lebih lanjut, Anda masih dapat mengirim email ke sitialiciafc@gmail.com saya

    Untuk Pertanyaan, silakan Christabel Layanan Pelanggan - Pusat Layanan Pelanggan 24/7 kami whatsApp nomor +19177461022
    Anda juga dapat menghubungi email Christabel Customer Care di customerservicechristabelloan@gmail.com.
    tolong bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

    BalasHapus
  38. Nama saya Siti kebanyakan orang memanggil saya mama jeffeby karena anak saya sangat tampan juga orang mengenal saya sebagai wanita yang sangat pekerja keras
    apakah Anda pernah menerima email atau melamar perusahaan pinjaman dari email orang asing yang menjanjikan Anda jutaan dolar pinjaman? - Anda harus menghapusnya, karena itu adalah paket kebohongan.

    Namun, beberapa orang menjawabnya, dan mereka segera mengetahui bahwa mereka harus membayar sejumlah biaya untuk mendapatkan jutaan. Kemudian datang biaya kedua, dan biaya ketiga, dll. Tidak ada yang pernah menerima jumlah pinjaman jutaan, tetapi banyak yang kehilangan banyak uang, dan beberapa bahkan terbunuh.

    Ini disebut "Penipuan Uang Muka" telah menjadi industri di Nigeria, dan negara-negara sekitarnya. Nama umum lainnya adalah "419 penipuan" setelah Bagian 419 dari KUHP Nigeria, bagian yang secara khusus melarang jenis kejahatan ini.

    Penipuan itu sulit untuk dihentikan, tetapi kita bisa bersenang-senang, dan membiarkan penjahat menggunakan waktu mereka dengan sia-sia. Itu disebut scambaiting.

    Saya beberapa minggu yang lalu saya ditipu oleh perusahaan pinjaman online saya mentransfer banyak biaya ke Nigeria karena saya sedang mencari pinjaman dalam jumlah besar pinjaman di internal saya sangat tertipu dan ditipu untuk begitu banyak perusahaan pinjaman

    Tapi saya sangat terkejut saya bertemu teman saya yang mengumpulkan pinjaman dari pada perusahaan kepercayaan juga dikenal sebagai Bunda Christabel Missan tolong jika ada yang membutuhkan pinjaman mendesak silakan hubungi ibu melalui email: christabelloancompany@gmail.com
    dan Anda masih dapat menghubungi nomor whatsApp ibu +15614916019
    Anda juga dapat menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya ke Christabel Missan aishanaylad@gmail.com

    Dengan informasi lebih lanjut, Anda masih dapat mengirim email ke sitialiciafc@gmail.com saya

    Untuk Pertanyaan, silakan Christabel Layanan Pelanggan - Pusat Layanan Pelanggan 24/7 kami whatsApp nomor +19177461022
    Anda juga dapat menghubungi email Christabel Customer Care di customerservicechristabelloan@gmail.com.
    tolong bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

    BalasHapus
  39. Nama saya Sarnia Redzuan, saya menyangka bahawa semua syarikat pinjaman dalam talian menipu sehingga saya bertemu dengan syarikat pinjaman CHRISTABEL yang meminjamkan wang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi amaran kepada orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia agar berhati-hati, kerana mereka menipu dan memberi pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin berkongsi kesaksian saya tentang bagaimana seorang rakan membawa saya ke pemberi pinjaman sebenar, selepas itu saya ditipu oleh beberapa pemiutang di internet. Saya hampir kehilangan harapan sehingga bertemu dengan pemiutang yang dipercayai ini yang bernama syarikat pelaburan pinjaman Christabel Missan. Syarikat Christabel meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebanyak 250 Billion RM (RM 250,000,000,000) dalam masa kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan gembira menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahawa saya akan menyampaikan berita baik agar orang ramai mendapat pinjaman mudah tanpa tekanan. Oleh itu, jika anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui e-mel: (Christabelloancompany@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika anda memenuhi syarat. Anda juga boleh menghubungi Christabel ibu melalui nombor whatsApp +1561496019

    Anda juga boleh menghubungi saya: (Redzuansarniaz@gmail.com) jika anda memerlukan bantuan atau maklumat lebih lanjut

    Saya mengucapkan terima kasih kepada rakan saya yang memperkenalkan saya kepada syarikat pinjaman yang jujur ​​Lady Lianmey Dian Pelangi melalui e-mel: lianmeylady@gmail.com

    BalasHapus
  40. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  41. Nama saya LESTARI, saya ingin menggunakan media ini untuk menasihati semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman internet karena begitu banyak peminjam internet di sini semuanya scammer dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu Anda agar keluar dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman 5 Miliar dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan Rp59.000.000 tanpa mendapatkan pinjaman,

    Pada tanggal 20 Oktober 2019, teman saya CYNTHIA DAFE di tempat kerja saya memberi tahu saya bagaimana dia menerima pinjaman dari CHRISTABEL LOAN INVESTMENT COMPANY

    Saya tidak pernah mempercayainya sampai saya pergi bersamanya ke bank untuk memastikan apakah itu benar dan itu benar.

    Semoga Tuhan memberkati Ibu Yang Baik Bu CHRISTABEL MISSAN atas apa yang telah dia lakukan untuk saya dan rumah tangga saya, saya menyuruh teman saya untuk memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik. CHRISTABEL MISSAN LOAN INVESTMENT COMPANY, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000.000.
    Saya mematuhi syarat dan ketentuan pinjaman perusahaan dan pengajuan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan.

    Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menelepon teman saya CYNTHIA DAFE bahwa saya telah menerima pinjaman saya dan saya juga telah memperkenalkan begitu banyak orang kepada ibu saya yang baik Nyonya CHRISTABEL MISSAN LOAN INVESTMENT COMPANY
    Saya ingin Anda membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik jika Anda membutuhkan pinjaman agar Anda juga bersaksi tentang niat baik ibu yang baik.

    Jadi saya menggunakan cara ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang yang tepat lainnya untuk membaca kesaksian saya dan dia membutuhkan pinjaman untuk menghubungi IBU melalui EMAIL: christabelloancompany@gmail.com
    IBU WHATSAPP NOMOR +15614916019

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut melalui EMAIL: lestarizudrefy@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi teman saya CYNTHIA DAFE melalui EMAIL-nya: cynthiadafaq@gmail.com

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    BalasHapus
  42. Apakah Anda sedang mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang Anda inginkan? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan nasihat keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya segera, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang apa pun yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrida.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Pinjaman Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Laons otomatis.
    Pinjaman mahasiswa.
    Pinjaman gaji.
    Pinjaman Islam.
    Pinjaman pertanian.
    Pinjaman gereja.

    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
    Email: karinarolandloancompany @ gmail com
    WhatsApp hanya +1 (585) 708-3478.
    Nama Facebook: Elena karina Roland
    instagram: karina roland

    BalasHapus
  43. NAMA SAYA ........... RIKRIK BUDIANTI,
    NEGARA ............ INDONESIA
    KOTA ..................... BANDUNG, JAWA BARAT
    HIBAH PINJAMAN ...... Rp150.000.000,00
    EMAIL SAYA ........... rikrikbudianti27@gmail.com

    Kabar baik, kabar baik, Kabar baik
    Nama saya RIKRIK BUDIANTI, Warga Negara Indonesia. Saya telah ditipu oleh 3 pemberi pinjaman internasional yang berbeda di internet, semua setuju untuk memberi saya pinjaman, saya kehilangan uang hasil jerih payah saya. Suatu hari, saat menjelajah internet dan tanpa daya saya menemukan kesaksian dari seorang wanita bernama EINNA FAIZ, yang juga ditipu oleh pemberi pinjaman kredit palsu, namun akhirnya dihubungkan dengan perusahaan pemberi pinjaman yang sah bernama KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tempat dia mendapatkan pinjamannya . Saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya bahwa saya memberikan pinjaman di perusahaan dan juga memberi tahu saya bahwa saya telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Saya mengisi rekening kredit dan menabung semua yang meminjam dari saya dan alhamdulillah saya mendapat pinjaman sebesar Rp 150.000.000 dari perusahaan besar ini, Dikelola oleh MRS. KARINA ROLAND, dan disini saya sangat diuntungkan karena KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY telah merubah hidup saya jadi saya berjanji pada diri sendiri saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi KARINA ROLAND
    via atau whatsapp (karinarolandloancompany@gmail.com) +1585 708-3478 dan ikuti aturannya, karena saya setuju Anda mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda masih dapat menghubungi saya melalui email jika Anda meminta bantuan tentang cara saya mendapatkan pinjaman (rikrikbudianti27@gmail.com).

    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
    HANYA WHATSAPP ........ +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK ......... KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL ......... KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus
  44. Nama saya: Etin supriatin
    Negara: Indonesia
    Pinjaman yang disetujui: Rp450.000.000 bank: bri bank
    email: (supriatinetin123@gmail.com)

    Halo semuanya, nama saya ETIN SUPRIATIN
    Saya ingin membagikan kesaksian yang luar biasa ini
    bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY ketika kami diusir dari rumah kami ketika saya tidak dapat membayar tagihan saya lagi karena covid19 patah hati,
    Setelah ditipu oleh berbagai perusahaan secara online dan pinjamannya ditolak oleh bank saya dan beberapa credit union lain i
    dikunjungi. Sampai suatu hari saya berjalan dengan malu-malu
    seorang teman sekolah lama yang memperkenalkan saya pada BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    Awalnya saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak siap mengambil risiko apa pun lagi
    untuk mengajukan pinjaman online lagi, tetapi dia meyakinkan saya bahwa saya tidak perlu khawatir bahwa saya akan menerima pinjaman dari mereka. Seketika berpikir,
    karena tunawisma saya, saya mengikuti uji coba dan mengajukan pinjaman, untungnya itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman Rp450.000,00 dari
    {belindachristopherloancompany@gmail.com}. Saya senang saya mengambil risiko dan mengajukan pinjaman. Saya dan keluarga saya sekarang bahagia sekarang saya memiliki rumah dan bisnis sendiri. Semua rasa syukur saya sampaikan kepada BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang telah memberi makna pada hidup saya ketika saya pikir semua harapan telah hilang. Anda dapat menghubungi mereka melalui email (belindachristopherloancompany@gmail.com) atau whatsap +1 (347) 797-0786 jika Anda membutuhkan pinjaman cepat dan nyata, Anda masih dapat menghubungi saya melalui (supriatinetin123@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut.

    BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    whatsapp: +1 (347) 797-0786
    alamat email: belindachristopherloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  45. PENGUJI: Ibu Ria Maulidina
    NEGARA: Indonesia
    KOTA: Semarang
    WHATSAPP SAYA NO: +62821-3272-6590
    HIBAH PINJAMAN: Rp 500.000.000
    BANK: BCA REKENING No: 1750825253
    EMAIL: maulidinaria@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN: KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY
    EMAIL: karinarolandloancompany@gmail.com
    WHATSAPP NO: +15857083478
    NAMA FACEBOOK: karina elena roland

    Nama saya MRS RIA MAULIDINA, saya mengalami kekacauan finansial, saya tidak punya pilihan selain mencari agen pinjaman terkemuka secara online yang menyewakan pinjaman kepada yang membutuhkan tetapi yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipu karena saya percaya pemberi pinjaman kedua yang saya komunikasikan dengan karena keputusasaan saya untuk mendapatkan uang secepatnya dan itu membuat saya mengirimkan kepadanya satu-satunya uang yang saya miliki baik di bumi maupun di surga, mereka terus meminta lebih dan ini membuat saya marah karena saya harus menutup email itu karena saya menyadari hal buruk dan saya tidak repot-repot online untuk mendapatkan bantuan lagi, karena saya tidak mempercayainya lagi. Saya menjadi sangat kurus karena kekurangan makanan yang baik dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 juga tidak tampan selama periode penguncian COVID19 ini tidak ada perawatan yang tepat sebagai akibat dari keuangan, minggu berjemur saya melihat seorang teman keluarga lama dari suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya lalui dan dia mengatakan satu-satunya cara dia dapat membantu adalah mengarahkan saya ke agen peminjaman yang baik yang juga membantunya dan dia juga menjelaskan bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia mendapat dorongan dari pinjaman ini agensi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY (karinarolandloancompany@gmail.com) yang memberinya pinjaman dengan tarif yang terjangkau sebesar 2% dan dia lebih lanjut meyakinkan saya bahwa mereka sah dan bukan scammer dan dia juga memberi tahu saya apa yang perlu dilakukan {PERUSAHAAN PROSEDUR ADMINISTRATIF} dan dia juga memberi saya alamat email bereputasi ini dan saya menghubungi mereka sesuai instruksi dan dengan rahmat TUHAN YANG MAHA ESA saya juga diberikan dana pinjaman saya sebesar Rp 500.000.000 dalam waktu 2 jam setelah aplikasi saya dijumlahkan tanpa stres atau masalah lems dan inilah mengapa saya datang ke sini untuk memberikan kesaksian saya dan memberi tahu orang-orang bahwa masih ada agen pinjaman online yang nyata dan terkemuka. hubungi mereka melalui (karinarolandloancompany @ gmail. com) atau melalui +15857083478

    BalasHapus
  46. Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur ​​dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang bisnis berjalan baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur ​​kepada Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
    Instagram ': christabelmissan
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ibu yang jujur ​​lianmeylady@gmail.com

    Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
    Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur ​​+15614916019 atau +13108626660

    BalasHapus
  47. Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur ​​dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang bisnis berjalan baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur ​​kepada Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
    Instagram ': christabelmissan
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ibu yang jujur ​​lianmeylady@gmail.com

    Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
    Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur ​​+15614916019 atau +13108626660

    BalasHapus
  48. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati, karena ada penipuan dimana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, para penganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

    Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya dibodohi oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan oleh kasih karunia Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang mengenalkan saya dan bercerita tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke rekening ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, Nomor What'sApp +15614916019 Atau +13108626660

    mohon bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

    Nama saya Budiwati Permata
    Pinjaman saya 800 juta
    perusahaan investasi pinjaman christael Missan
    Instagram: Christabel Missan
    email: Christabelloancompany@gmail.com
    Nomor Whatsapp +15614916019 Atau +13108626660

    BalasHapus
  49. KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!!

    Nama saya Maryam dari malaysia. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua pencari pinjaman untuk berhati-hati, karena setiap hari selalu ada penipuan, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka iseng, karena mereka akan melakukannya. kemudian tanyakan pembayaran biaya lisensi atau biaya pendaftaran dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah dengan perusahaan pinjaman online mereka yang curang.

    Beberapa empat lalu saya mengalami kesulitan keuangan dan putus asa, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Christabel Missan, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar USD2.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dan tingkat suku bunga hanya 2%,

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya kirimkan telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stress. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silakan hubungi dia melalui email asli: christabelloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda taat.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: maryamlady12u@gmail.com dan Sety diperkenalkan dan berbicara tentang Bu Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Bu Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: amishadewi2@gmail.com dengan permatabudiwati@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi Dian Pelangi yang memperkenalkan kami lianmeylad@gmail.com, dan liliyanabasuki@gmail.com yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening mereka setiap bulan

    Ini adalah nomor whatsApp christabel Missan +15614916019 atau +13108626660

    Sepatah kata sudah cukup bijak dari masyarakat Indonesia dan Malaysia

    BalasHapus
  50. Nama saya Lady Loveth, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati / waspada, karena ada banyak perusahaan penipuan dan pinjaman palsu dimana-mana di dunia ini, mereka akan mengirimkan surat dokumen perjanjian pinjaman palsu kepada Anda. dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka dan mereka akan bersumpah bahwa mengetahui pembayaran, tetapi mereka adalah penipu, karena mereka akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah dengan Perusahaan Pinjaman yang curang.

    Beberapa bulan yang lalu saya sedang tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh sepuluh perusahaan pinjaman online yang berbeda. Saya hampir kehilangan harapan sampai Allah menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Nn. Christabel Missan Loan Company, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000.000 (850 juta) dalam waktu kurang dari 4 jam dan tingkat bunga hanya 1%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa ada stress. jadi jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak silakan hubungi dia melalui email asli: Christabelloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: gemijayachandra@gmail.com. dan Anda juga dapat menghubungi teman baik saya yang memperkenalkan saya vai
    850 juta pinjaman berhasil
    email: lianmeylady@gmail.com
    email: liliyanabasuki@gmail.com
    email: permatabudiwati@gmail.com
    email: Christabelloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu Christabel +15614916019 atau +13108626660

    BalasHapus
  51. Nama saya Lady Loveth, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati / waspada, karena ada banyak perusahaan penipuan dan pinjaman palsu dimana-mana di dunia ini, mereka akan mengirimkan surat dokumen perjanjian pinjaman palsu kepada Anda. dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka dan mereka akan bersumpah bahwa mengetahui pembayaran, tetapi mereka adalah penipu, karena mereka akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah dengan Perusahaan Pinjaman yang curang.

    Beberapa bulan yang lalu saya sedang tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh sepuluh perusahaan pinjaman online yang berbeda. Saya hampir kehilangan harapan sampai Allah menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Nn. Christabel Missan Loan Company, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000.000 (850 juta) dalam waktu kurang dari 4 jam dan tingkat bunga hanya 1%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa ada stress. jadi jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak silakan hubungi dia melalui email asli: Christabelloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: gemijayachandra@gmail.com. dan Anda juga dapat menghubungi teman baik saya yang memperkenalkan saya vai
    850 juta pinjaman berhasil
    email: lianmeylady@gmail.com
    email: liliyanabasuki@gmail.com
    email: permatabudiwati@gmail.com
    email: Christabelloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu Christabel +15614916019 atau +13108626660

    BalasHapus
  52. Nama saya Lady Loveth, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati / waspada, karena ada banyak perusahaan penipuan dan pinjaman palsu dimana-mana di dunia ini, mereka akan mengirimkan surat dokumen perjanjian pinjaman palsu kepada Anda. dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka dan mereka akan bersumpah bahwa mengetahui pembayaran, tetapi mereka adalah penipu, karena mereka akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah dengan Perusahaan Pinjaman yang curang.

    Beberapa bulan yang lalu saya sedang tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh sepuluh perusahaan pinjaman online yang berbeda. Saya hampir kehilangan harapan sampai Allah menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Nn. Christabel Missan Loan Company, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000.000 (850 juta) dalam waktu kurang dari 4 jam dan tingkat bunga hanya 1%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa ada stress. jadi jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak silakan hubungi dia melalui email asli: Christabelloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: gemijayachandra@gmail.com. dan Anda juga dapat menghubungi teman baik saya yang memperkenalkan saya vai
    850 juta pinjaman berhasil
    email: lianmeylady@gmail.com
    email: liliyanabasuki@gmail.com
    email: permatabudiwati@gmail.com
    email: Christabelloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu Christabel +15614916019 atau +13108626660

    BalasHapus
  53. KABAR BAIK KABAR BAIK
    Nama saya Clara
    Dari Indonesia Tempel Sukorejo 17/6 RT / RW 003/009
    email: ijeffebyclaraek@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi teman saya melalui email saya di lianmeylady@gmail.com
    Nyonya Christabel Missan meminjam Perusahaan Investasi christabelloancompany@gmail.com
    Jalan Neville, Prairieville,
    nama saya Santoso, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya, karena buruknya ekonomi di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu di internet, tetapi mereka sangat tulus pada pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan 2 pemberi pinjaman kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam prosesnya karena saya ditangkap dan saya menghabiskan lebih dari 2 bulan di penjara karena memiliki banyak hutang oleh orang, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman yang dapat diandalkan. Nyonya Christabel Missan Saya mendapatkan pinjaman 850 juta dari Ny. Christabel Missan dengan sangat mudah dalam 4 jam yang saya ajukan, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui Bunda Christabel Missan dalam keluarga saya
    Nomor whatsApp ibu Chistabel
    +15614916019 atau +13108626660

    BalasHapus
  54. Nama saya Siti kebanyakan orang memanggil saya mama jeffeby karena Anak saya sangat tampan juga orang-orang mengenal saya sebagai wanita yang sangat pekerja keras,
    Pernahkah Anda menerima email atau mengajukan pinjaman perusahaan dari email asing yang menjanjikan Anda pinjaman jutaan dolar? - Anda harus menghapusnya, karena itu adalah paket kebohongan.

    Namun, beberapa orang menjawabnya, dan mereka segera mengetahui bahwa mereka harus membayar sejumlah biaya untuk mendapatkan jutaan. Kemudian datang biaya kedua, dan biaya ketiga, dll dll. Tidak ada yang pernah menerima pinjaman sebanyak jutaan, tetapi banyak yang kehilangan banyak uang, dan beberapa bahkan terbunuh.

    Ini yang disebut "Penipuan Biaya di Muka" telah menjadi industri di Nigeria, dan negara-negara sekitarnya. Nama umum lainnya adalah "penipuan 419" setelah Bagian 419 KUHP Nigeria, bagian yang secara khusus melarang jenis kejahatan ini.

    Penipuan sulit untuk dihentikan, tetapi kita bisa bersenang-senang, dan membuat para penjahat menggunakan waktu mereka dengan sia-sia. Itu disebut scambaiting.

    Saya beberapa minggu yang lalu saya ditipu oleh perusahaan pinjaman online Saya mentransfer banyak biaya ke Nigeria karena saya mencari pinjaman dalam jumlah besar pinjaman Rp800.000.000.000 di internal Saya sangat dibodohi dan ditipu untuk begitu banyak perusahaan pinjaman

    Tetapi saya sangat terkejut bertemu dengan teman saya yang meminjam dari pada trust company yang juga dikenal sebagai Ibu Christabel Missan tolong jika ada yang membutuhkan pinjaman mendesak silakan hubungi ibu melalui email: christabelloancompany@gmail.com
    dan Anda masih dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu +15614916019 atau +13108626660
    Anda juga dapat menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya ke Christabel Missan aishanaylad@gmail.com

    Dengan informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi email saya sitialiciafc@gmail.com

    CHRISTABEL MISSAN INVESTASI PINJAMAN PERUSAHAAN
    email: Christabelloancompany@gmail.com
    Instagram: christabel missan
    Nomor Whatsapp +15614916019 atau +13108626660

    BalasHapus
  55. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati, karena ada penipuan dimana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, para penganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

    Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya dibodohi oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan oleh kasih karunia Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang mengenalkan saya dan bercerita tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke rekening ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, Nomor What'sApp +15614916019 Atau +13108626660

    mohon bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

    Nama saya Budiwati Permata
    Pinjaman saya 800 juta
    perusahaan investasi pinjaman christael Missan
    Instagram: Christabel Missan
    email: Christabelloancompany@gmail.com
    Nomor Whatsapp +15614916019 Atau +13108626660

    BalasHapus
  56. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati, karena ada penipuan dimana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, para penganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

    Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya dibodohi oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan oleh kasih karunia Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang mengenalkan saya dan bercerita tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke rekening ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, Nomor What'sApp +15614916019 Atau +13108626660

    mohon bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

    Nama saya Budiwati Permata
    Pinjaman saya 800 juta
    perusahaan investasi pinjaman christael Missan
    Instagram: Christabel Missan
    email: Christabelloancompany@gmail.com
    Nomor Whatsapp +15614916019 Atau +13108626660

    BalasHapus
  57. CUKUP CUKUP UNTUK KEBIJAKSANAAN.
    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA ADALAH SATU-SATUNYA JALAN KELUAR DARI KESULITAN KEUANGAN (karinarolandloancompany@gmail.com)
    whatsapp .... + 1585 708-3478
    facebook ..... elena karina roland
    instagram ..... karina roland

    Salam, pikiran yang hebat, Ini akan menjadi kesenangan terbesar saya menyelamatkan Individu dan perusahaan dari pemerasan, saya tahu tidak semua orang akan mau mengambil sendiri untuk mengungkapkan kebenaran pahit tentang Pinjaman online karena ketidakamanan, Waktu melakukannya dan semua itu. i ”m AFIZAH NAZERI, seorang pengusaha wanita terkemuka yang tinggal di TERENGGANU CITY OF MALAYSIA telah memutuskan untuk membagikan artikel ini kepada siapa saja yang berkepentingan sehingga mereka dapat belajar dan mendidik diri sendiri darinya. Ini buruk sampai Anda melihat kesaksian online tentang mendapatkan pinjaman dan itu ternyata palsu. Sungguh saya telah jatuh untuk trik itu berkali-kali sampai memperpanjang saya kehilangan hampir Rm14.000 total semua atas nama mendapatkan pinjaman untuk diinvestasikan dalam bisnis yang sangat menguntungkan. Setelah begitu banyak upaya yang gagal untuk mendapatkan pinjaman, saya dan Manajer saya online untuk melakukan pencarian menyeluruh dan menemukan perusahaan ini KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tetapi sebelum mencobanya, kami juga melanjutkan untuk memastikannya nyata, periksa ulasan mereka dan juga pergi ke keberadaan dan kemampuan mereka. Kami sangat berhati-hati karena kami tidak ingin kehilangan sepeser pun lagi dan harapan terbesar kami, mereka memberikan sesuai tinjauan mereka dan memberi kami jumlah pinjaman yang kami inginkan sebesar Rm80.000. Sebuah kata untuk semua orang di luar sana ketika datang ke Pemberi Pinjaman Online hanya hubungi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY melalui email: {karinarolandloancompany@gmail.com} atau whatsapp +1585 708-3478, dan pertimbangkan semua masalah keuangan Anda ditangani dan diselesaikan. # SHARE, Anda dapat menyelamatkan seseorang dari korban hari ini, Terima kasih.
    negara ...... Malaysia
    nama ......... Afizah Nazeri
    Jumlah yang disetujui ..... Rm80.000
    bank ....... BSN (Malaysia)
    email ....... afizahnazeri@gmail.com

    BalasHapus
  58. Kabar gembira untuk kalian semua orang Indonesia di platform ini, Tuhan yang setia kepadaku dan seluruh keluargaku sejak september 2020, kesaksian dan kabar baikku begini,
    Nama saya MAULANA ARIEF, Seorang pria Muslim dan saya dari kota Serang Indonesia, dengan alamat saya di bawah ini:
    Jl. Azalea 6 No. 65 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang, RT 005 / RW 007 Serang, Saya seorang pemasar dan juga penasihat bisnis di perusahaan tempat saya bekerja, saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua yang ada di platform ini yang membutuhkan dan mencari pinjaman asli untuk sangat berhati-hati karena Internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya di sini untuk menipu Anda dari uang hasil jerih payah Anda.

    Saya dan istri saya memiliki hutang besar yang harus dibayar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang kami dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari dubia pada bulan Juli 2020, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan bertanya kepada kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayarkan dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar 60 juta Rupiah kepada perusahaan peminjaman palsu di dubia karena kami mengajukan pinjaman sebesar 1 miliar dan dengan semua biaya yang kami bayarkan, kami tidak mendapatkan pinjaman apapun dan istri saya dan saya sangat frustasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami putus asa dan jenuh dengan kehidupan.

    Kepada Tuhan yang sangat baik, kami berdoa dan Tuhan mengarahkan kami kepada seorang penolong dan pada hari setia 27, November, 2020 ini, saya sedang berselancar di internet ketika saya dapat menemukan kesaksian dari seorang wanita Indonesia bernama MELIYAKSI LAY dengan alamat email : (meliyaksilay@gmail.com)

    yang berasal dari kota batu malang jatim, tentang bagaimana Tuhan mengubah kehidupan keuangannya melalui perusahaan pinjaman dia meminta saya untuk menghubungi MOTHER KARINA dan dia memperkenalkan saya kepada MOTHER KARINA dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari MOTHER KARINA oleh
    menghubunginya karena dia mendapat pinjaman dari MRS. KARINA yang merupakan pemilik dari PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND, kemudian saya menghubungi MRS MELIYAKSI LAY untuk informasi lebih lanjut tentang MRS. KARINA jika dia benar-benar mendapat pinjaman dari MRS. KARINA dan dia berkata ya dan menunjukkan bukti transfer pinjaman dan saya percaya dan saya memutuskan untuk menghubungi MRS KARINA ROLAND dan saya mengajukan pinjaman sebesar 3 Miliar Rupiah dan setelah saya mengajukan aplikasi pinjaman saya dan data saya diverifikasi maka pinjaman saya disetujui dan Saya hanya diminta untuk mendapatkan perjanjian sertifikat pinjaman saya dan setelah itu pinjaman saya disetujui dan saya sangat terkejut. Pinjaman saya sebesar 3 Miliar Rupiah telah ditransfer ke rekening bank saya dengan tingkat bunga rendah 2% dan bahkan tanpa jaminan, tanpa penjamin
    jadi saya ingin menyarankan sesama WNI yang sedang mencari pinjaman asli untuk menghubungi MOTHER KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +1(585)708-3478

    Dia adalah satu-satunya pemberi pinjaman asli di platform ini dan di blog ini, dia adalah ibu yang baik hati, Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Ibu MRS KARINA melalui email saya: (maulanaarief461@gmail.com)

    Catatan: sepatah kata sudah cukup untuk orang bijak dan terima kasih telah membaca kesaksian saya dan kabar baik
    Tuhan memberkati kalian semua!

    BalasHapus
  59. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus
  60. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk berhati-hati, karena penipuan ada di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, pengangguran, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

    beberapa bulan yang lalu, saya tertekan secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir putus asa sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, agar orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan dengan kasih karunia Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di nomor whatsApp saya +6283809518424 email: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan bercerita tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubunginya melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirimkan langsung ke rekening ibu Christabel. Masih bisa hubungi ibu yang baik, What'sApp Number +15614916019 Atau +13108626660

    mohon bijaksana dan semoga Allah membimbing kita semua

    Nama saya Budiwati Permata
    Nomor whatsapp saya +6283809518424
    Pinjaman saya adalah 800 juta
    Perusahaan investasi pinjaman Christael Missan
    Instagram: Christabel Missan
    email: christabelloancompany@gmail.com
    Whatsapp nomor +15614916019 dan bisa juga hubungi ibu melalui nomor ini +13108626660

    BalasHapus
  61. Nama:::::::::::::::::::::::::::[Queen Jamillah]
    Negara:::::::::::::::::::::::::::::[Indonesia]
    Jumlah:::::::::::::::::::[Rp.9,8 miliar]
    Alamat::::::::::::::::::::[Surabaya]
    W/A:::::::[+6287818697754]
    ☎::::::[+6287818697754]
    e_mail:::::::::::::::::[queenjamillah09@gmail.com]
    Teman-teman orang Indonesia Nama saya Jamiilah saya seorang muslim jika Anda membaca blog selama dua sampai tiga tahun sekarang Anda akan menemukan bahwa saya telah membuat beberapa kesaksian mengenai saya mendapatkan pinjaman dari Bunda Iskandar dan saya memang sangat senang karena memberi tahu semua orang bahwa ibu Iskandar memang pemberi pinjaman yang sangat tulus dan juga saya dapat membuktikan fakta bahwa begitu banyak pelanggan juga telah mendapatkan pinjaman yang benar dari ibu selama bertahun-tahun melalui saya dan saya sangat senang untuk itu [Kesaksian terbaru sekarang adalah bahwa suami saya harus menyusun rencana mendirikan perusahaan mencuri di (Surabaya))))))) sehingga dia juga dapat memiliki akses ke bisnis yang lebih dan lebih berorientasi pada keuntungan yang melibatkan capaital yang sangat besar sehingga saya harus menghubungi Ibu bahkan ketika saya belum menyelesaikan cicilan bulanan terakhir saya sehingga ibu setuju untuk meminjamkan saya dan suami saya karena rencana bisnisnya berorientasi pada keuntungan dan kami harus mengajukan pinjaman sebesar (((Rp. 9,8 miliar) sehingga dana untuk proyek tersebut akan menjadi e Cukup mengejutkan kami, pinjaman saya disetujui oleh manajemen dalam waktu beberapa jam dan setelah beberapa waktu transfer berhasil dilakukan dengan gangguan dari OJK atau lembaga pengatur keuangan lainnya]

    Ibu Iskandar tidak pernah menipu siapa pun atas uangnya,
    Ibu memang pemberi pinjaman yang sangat tulus
    Perusahaan Induk terdaftar di OJK jadi jangan takut
    Ibu Iskandar punya catatan bagus dalam meminjamkan
    Tarifnya sangat bersahabat dibandingkan dengan Bank
    Minimum (Rp.100juta)))))
    Maksimum (((((Rp.100 miliar)

    Detail Kontak Perusahaan:
    e_mail:::[[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]]]
    COMPANY::::::::::::[Iskandar Lestari Loan Company]]]

    BalasHapus
  62. TESTIMONI : Lestari Abyasa
    BCA: 7683724750
    dari Balikpapan di Indonesia.
    Saya adalah saksi nyata dari perusahaan pinjaman Bu Rika.

    PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    Situs web: https://rikaandersonloancompany.com
    Email: support@rikaandersonloancompany.com

    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
    Whatsapp: +1(929)526-0086

    Nama saya Ibu Lestari Abyasa dari Balikpapan di Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengedukasi semua orang yang sedang mencari pinjaman agar berhati-hati karena ada kreditur palsu. Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kerugian finansial, dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Manusia di Singapura dan saya ditipu.

    Saya hampir putus asa sampai saya menemukan seseorang Ayu Amangku email ayuamangku@gmail.com yang membagikan kesaksian pemberi pinjaman online bernama Ms. Rika Anderson, dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang meminjamkan 100 juta pinjaman tanpa jaminan dan suku bunga terjangkau beberapa hari yang lalu. Saya juga melihat posting di blog Margaretha Asmaran email margarethaasmaran@gmail.com.

    Saya juga menanyakan kepada Merpati Darma melalui email merpatidarma@gmail.com dan saya yakin dan setelah pinjaman saya ditransfer ke rekening bank BCA saya, saya terkejut melihat saldo rekening saya dan ternyata jumlah yang saya ajukan ditransfer langsung ke bank saya akun oleh ibu Rika Anderson tanpa penundaan. Dan saya berjanji akan membagikan kabar baik agar orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: lestariabyasan@gmail.com Tolong saya ingin Anda menggunakan informasi ini dan bebas dari kesulitan keuangan Anda.

    BalasHapus
  63. Kabar baik!!!

    Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
    pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

    Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Email saya: teddydouble334@yahoo.com

    BalasHapus
  64. Ini dari perusahaan yang telah dapat membantu begitu banyak orang baik dari Indonesia maupun Malaysia dan di luarnya Kami telah dapat membantu berbagai orang dari berbagai pekerjaan kehidupan dan juga berbagai kategori pekerjaan Kami telah dapat memberikan pinjaman untuk hampir semua pemohon pinjaman di perusahaan ini dan jika dengan cara apa pun Anda meragukan kami, kami akan merujuk Anda ke banyak dan banyak pelanggan yang telah mendapatkan pinjaman dari kami sehingga Anda dapat menghapus keraguan keraguan dari pikiran Anda Kami telah dapat membantu baik yang bangkrut maupun mereka yang mencari modal tambahan untuk mendanai bisnis mereka dalam bentuk apa pun Di perusahaan ini, prioritas utama kami sejak hari pertama hingga sekarang adalah memastikan semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka dan kami sangat berkomitmen untuk ini dengan memastikan hampir 100% dari semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka Jika dengan cara apa pun Anda masih ragu, silakan hubungi kesaksian terbaru kami di t dia menghubungi detail di bawah ini untuk menghapus segala bentuk keraguan dari pikiran Anda_________[WhatsApp: +6287818697754]

    Company___[ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY]
    e_mail_________[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp___[+6282274045059]

    BalasHapus
  65. Lucky Club Casino Site - Online Casino UK Casino
    Lucky Club Casino is a UK licensed online casino with a strong reputation 카지노사이트luckclub and good reputation among the elite of online casinos around the world.Visit Lucky Club Casino: Play Here, Get a £200 Bonus🎁 Bonus: 150% up to £/€200🎁 Bonus Wagering: 10x🎁 Bonus Type: Instant Play

    BalasHapus
  66. How to login to a casino account in a casino - Dr.MCD
    Login to a casino account in a casino. Play 부천 출장안마 all of your favourite table 대전광역 출장안마 games for free 경산 출장샵 with no need to download 성남 출장샵 and 거제 출장안마 install software.

    BalasHapus